RIMBA : Rumah Instan nyaman Tahan Gempa

RIMBA : Rumah Instan nyaman Tahan Gempa

Giri Menang (suarantb.com) – Smartco Group sebagai salah satu aplikator berpengalaman telah siap membantu percepatan penyediaan Rumah Tahan Gempa (RTG). Smartco hadir menawarkan konsep Rumah Instan nyaMan Tahan Gempa (RIMBA).

RIMBA merupakan rumah sederhana, murah, ringan dan di desain untuk tahan terhadap gempa bumi. Menggunakan teknologi CKD (Complete Knock Down) dengan target waktu pembangunan 5 hari dalam kondisi ideal.

Menggunakan material teknologi sandwich panel dengan keunggulan tahan terhadap api serta ringan.  Material pendukung menggunakan atap baja ringan isolasi dan baja UNP 80. Teknologi terkini, panel sandwich telah digunakan oleh negara-negara maju untuk mempercepat pembangunan, efisien, ekonomis serta proteksi terhadap resiko bencana alam gempa bumi.

Smartco tengah menunggu rencana zonasi untuk pembangunan RTG dari pemerintah daerah. Senin 29 April 2019 Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah meluncurkan produksi Teknologi Rumah Tahan Gempa (RTG) di Science Techology and Industrial Park

(STIP) NTB.

Gubernur mendorong para aplikator, yang menggunakan lahan di STIP NTB, untuk menggunakan tenaga lokal. Pemerintah provinsi telah menyiapkan lahan dan sejumlah fasilitas secara gratis di STIP.

“Kalo bisa yang dipekerjakan buruhnya, tenaganya, enginersnya semua orang lokal. Mungkin banyak kekurangan. Tapi itu tugas bapak-bapak untuk mengajarkan mereka. Mohon kesabaran bapak-bapak”, tegas gubernur.

Doktor Zul juga mengatakan bahwa semua aplikator yang ada di STIP ini sedang membuat sejarah baru di NTB. Merubah orang yang biasa bekerja di agriculture sector, menjadi orang yang bekerja di services dan industries melalui transfer pengetahuan dan technologi dari industri RTG. Di STIP NTB saat ini ada 17 aplikator yang akan mengerjakan 11 jenis RTG.  Dan akan membangun 35.000 unit RTG hingga Desember 2020.

“Kami sudah persiapkan semuanya untuk mendukung harapan pemerintah daerah, harapan gubernur,” demikian Muhammad Hasadi mewakili Smartco dan Deni Suandi, Supervisi Smartco. (bul)