Usai Pemilu 2019, NTB Bersiap Gelar Pilkada Serentak

Irnadi Kusuma (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Usai pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), NTB kembali akan disibukkan dengan gelaran Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota. Pilkada serentak pada tujuh kabupaten/kota di NTB akan digelar 2020 mendatang.

Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB, H. Irnadi Kusuma, S. STP, ME mengatakan, tahapan Pilkada serentak 2020 sudah mulai dilakukan tahun ini. ‘’Tahun depan ada Pilkada di tujuh kabupaten/kota. Tahapannya mulai tahun ini,’’ kata Irnadi dikonfirmasi Suara NTB, Minggu (21/4) siang.

Irnadi mengatakan, jadwal resmi Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota di NTB masih menunggu pusat.  Namun yang pasti,  tahun ini sudah mulai tahapannya.

Baca juga:  Rendah, Partisipasi Masyarakat Kawal Tahapan Pencalonan

Ia menyebutkan, tujuh kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada serentak di NTB. Adalah Lombok Utara, Kota Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Bima. Terkait pelaksanaan Pilkada serentak ini, Pemprov akan memfasilitasi soal penganggarannya.

‘’Usai Pemilu 2019, kita sibuk menyipkan gelaran Pilkada serentak 2020,’’ tandasnya.

Diketahui, pada Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota 2015 dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Sedangkan pelantikan tujuh kepala daerah/wakil kepala daerah terpilih dilakukan pada Rabu, 17 Februari 2016.

Baca juga:  Rendah, Partisipasi Masyarakat Kawal Tahapan Pencalonan

Adapun tujuh bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota yang dilantik pada waktu itu adalah, pasangan Ahyar – Mohan di Kota Mataram, Suhaili-Pathul di Lombok Tengah dan Najmul-Syarif di Lombok Utara.

Sementara untuk Kabupaten Sumbawa adalah Husni Djibril-Mahmud Abdullah, Musyafirin-Fud Syaifuddin di KSB. Kemudian Kabupaten Bima dan Dompu masing-masing adalah pasangan Indah Dhamayanti Putri-Dahlan dan Bambang M.Yasin-Arifuddin. (nas)