Tiga Prioritas Jokowi untuk Siapkan MotoGP Mandalika

Joko Widodo (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia siap menjadi tuan rumah MotoGP 2021 yang akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika. Untuk mempersiapkan Lombok sebagai tuan rumah, pemerintah punya pekerjaan besar membangun tiga infrastruktur pendukung, baik darat, laut dan udara.

‘’MotoGP di Lombok sudah ditandatangani MoU-nya 2021 akan diselenggarakan. Tapi sebelumnya kita punya pekerjaan tiga,’’ kata Presiden Jokowi dikonfirmasi usai meninjau pembangunan Rumah Tahan Gempa (RTG) di Lingkungan Pengempel Kelurahan Bertais Kota Mataram, Jumat, 22 Maret 2019 siang.

Baca juga:  ITDC Jamin Persiapan MotoGP Sesuai Jadwal

Presiden mengatakan, telah memerintahkan Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan untuk mempercepat pembangunan tiga infrastruktur pendukung menyambut MotoGP. Yakni, memperbaiki infrastruktur pelabuhan yang ada di Lombok. Kemudian membangun akses jalan dari Lombok International Airport (LIA) menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Terakhir, kata Presiden, memperpanjang landasan pacu (runway) LIA menjadi 3.000 meter. ‘’Ini pekerjaan Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan. Sudah saya perintahkan,’’ ungkap Presiden.

Jokowi mengatakan pembangunan tiga infrastruktur tersebut dimulai tahun ini. Diharapkan tahun 2020, tiga infrastruktur tersebut sudah rampung. ‘’Mulai tahun ini dikerjakan,  tahun depan insya Allah selesai,’’ tandasnya.

Baca juga:  Pembangunan Sirkuit MotoGP Dijamin Tak Terhambat

Kementerian PUPR menyiapkan anggaran sebesar Rp1,2 triliun untuk pembangunan by pass LIA-KEK Mandalika. Anggaran tersebut termasuk untuk biaya pembebasan lahan jalan sepanjang 17 km. By pass LIA-KEK Mandalika akan dibangun dua jalur dan empat lajur.

Sementara itu, untuk perpanjangan runway LIA sudah disuarakan sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada masa pemerintahan Presiden Jokowi, perpanjangan runway LIA juga sering disuarakan.  Dengan ditetapkannya Lombok sebagai tuan rumah MotoGP, maka perpanjangan runway LIA menjadi prioritas. (nas)