Gandeng Telkomsel, Bank NTB Syariah Siapkan Kemudahan Layanan Perbankan dengan SMS Banking

Foto bersama usai penandatanganan MoU antara Bank NTB Syariah dan Telkomsel Mataram pada Pekan Sistem Pembayaran yang dilaksanakan Bank Indonesia di Lombok Epicentrum Mataram (LEM), Sabtu (16/3).

6Mataram (Suara NTB) – Satu lagi terobosan Bank NTB Syariah untuk memenuhi kebutuhan layanan perbankan yang lebih inovatif dan kompetitif di era kekinian. Bank NTB Syariah menjalin kerjasama dengan Telkomsel untuk layanan SMS Banking.

Kerjasama ditandai dengan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo dan manajemen Telkomsel Mataram pada Pekan Sistem Pembayaran yang dilaksanakan Bank Indonesia di Lombok Epicentrum Mataram (LEM), Sabtu (16/3). Penandatanganan kerjasama ini juga disaksikan oleh seluruh stakeholders, termasuk di dalamnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika sebelumnya, Bank NTB Syariah memiliki fasilitas mobile. Kini dengan SMS Banking, seluruh pelayanan yang ada di teller bank, sudah dapat dilakukan sendiri oleh nasabah, dimanapun dan kapanpun.

SMS Banking ini juga bisa dilakukan termasuk di daerah-daerah yang blank spot jaringan data telekomunikasi. Dengan kata lain, di daerah tanpa ada sinyal data telekomunikasipun, transaksi tetap dapat dilakukan oleh nasabah, layaknya melakukan transaksi langsung di banknya.

Baca juga:  Telkomsel Hadirkan Kolaborasi Lintas Industri di Gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo menjelaskan, sebelumnya SMS bankin terbatas untuk transakasi-transaksi yang sifatnya internal untuk nasabah. Hanya untuk notifikasi (pemberitahuan) dan lainnya. Dengan sistim baru SMS Banking kerjasama dengan Telkomsel ini, nasabah terbuka untuk meperbuka layanan bank.

Secara detail, ada tiga keunggulan koneksi yang dihadirkan bagi nasabah Bank NTB Syariah untuk pelayanan perbankan melalui ponselnya. Selain melalui SMS di daerah-daerah yang tidak merata koneksi data, misalnya di pelosok-pelosok atau di daerah-daerah pegunungan.

Atau bagi daerah-daerah yang sinyal datanya ada, tetapi kecil, dapat dimudahkan dengan USSD. Dapat juga dimudahkan dengan GPRS. Kesimpulannya, tidak ada kendala bagi nasabah melakukan transaksi apapun melalui SMS Banking.

‘’Ini akan memberikan kemudahan bagi nasabah. Misalnya di satu daerah yang tidak ada sinyalnya. Dia bisa pakai SMS, kalau sama sekali ndak ada, dia bisa gunakan USSD tanpa sinyal dan itu juga bsia melakukan transaksi. Itulah keunggulan mengapa kita gandeng Telkomsel,” demikian Kukuh.

Baca juga:  Telkomsel Bentuk TMI, Perkuat Aktivitas Investasi dan Kemitraan Strategis Baru dengan Startup

Selain memberikan kemudahan bagi nasabah Bank NTB Syariah, terobosan ini sekaligus mendukung pemerintah menggalakkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk mengurangi beban negara terhadap produksi uang. Sekaligus meminimalisir berbagai risiko bagi nasabah, perampokan, atau uang palsu. Karena nasabah cukup hanya memiliki ponsel untuk bertransaksi keuangan apapun.

Aplikasi Bank NTB Syariah SMS Banking ini dapat di-download. Launching akan dilakukan sesegera mungkin agar nasabah dapat memanfaatkan kemudahan layanan ini.

Regional Account Manajer Telkomsel GraPARI Mataram, Azis Cahyono mengatakan Telkomsel bekerjasama dengan e-mobile selaku sistem integrator untuk mempecepat mewujudkannya. Koordinasi terus dilakukan dengan Bank NTB Syariah. Azis memastikan pada prinsipnya Telkomsel telah siap.(bul/*)