Perayaan Nyepi Berlangsung Kondusif

Mataram (Suara NTB) – Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 di Mataram berlangsung kondusif. Demikian menjadi gambaran toleransi antarumat beragama. Setiap tradisi dan ritual umat Hindu berlangsung aman dan lancar.

“Ini berkat kerja sama masyarakat, pecalang, tokoh agama, yang telah memberikan partisipasinya untuk keamanan,” ucap Kabid Humas Polda NTB AKBP H Purnama dikonfirmasi Jumat, 8 Maret 2019.

Untuk pengamanan perayaan Nyepi 2019 ini, Polda NTB mengerahkan sedikitnya 1.147 personel, 100 Pamswakarsa, dan 1.700 pecalang. Dalam evaluasi pengamanan, dia menyebutkan rangkaian ibadah Hari Raya Nyepi diikuti 34.662 umat Hindu di Mataram, 155.000 di Lombok Barat, dan 6.100 orang di Sumbawa.

Rangkaian perayaan Nyepi berjalan lancar mulai dari ibadah Mekiis di Pantai Loang Baloq, Ampenan, Mataram dan Pantai Cemara, Lembar, Lombok Barat, serta pawai Ogoh-ogoh yang diikuti sekitar 6.700 peserta dengan 155 ogoh-ogoh di Mataram, dan 64 ogoh-ogoh di Lombok Barat.

“Semuanya berjalan aman dan terkendali. Tidak ada kejadian menonjol yang menganggu pelaksanaan ibadah. Aktivitas sehari-hari akan lebih mudah apabila kondisi keamanan yang menjadi dasar kehidupan bermasyarat dapat sama-sama kita jaga,” kata Purnama.

Terpisah Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam mengatakan, kondusivitas daerah khususnya Kota Mataram dalam perayaan Nyepi tahun 2019 ini menunjukkan kesiapan masyarakat dalam turut serta bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. “Polisi terus bekerja selaku penanggung jawab keamanan masyarakat, dan masyarakat diharapkan turut serta dengan menjadi polisi untuk dirinya sendiri,” ujarnya. (why)