Hari Ini, Rakernas Adeksi Resmi Dibuka

Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Rakernas (Rapat Kerja Nasional) Adeksi (Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia) secara resmi dibuka Selasa, 26 Februari 2019.

‘’Secara khusus kami ucapkan selamat datang kepada pimpinan  dan anggota DPRD kota sebagai peserta Rakernas Adeksi, juga kepada pejabat pusat dan para nara sumber,’’ ujar Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi, SH., yang juga Ketua Panitia Daerah Adeksi.

Dikatakan Didi, Rakernas ke-IV Adeksi di Mataram akan berlangsung tanggal 25 – 28 Februari 2019. Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan dan anggota DPRD kota se-Indonesia. Tema yang diangkat dalam Rakernas Adeksi kali ini adalah ‘’Memperkuat Otonomi, Memperkokoh NKRI untuk Keadilan dan Kesejahteraan Bangsa yang Merupakan Refleksi Undang-Undang  No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah’’.

Adapun bentuk  kegiatannya, lanjut Didi, di samping rapat kerja untuk menyusun program kerja tahunan (2019), mengevaluasi dan penyampaian progres report program kerja tahun 2018.  Juga, seminar sesuai dengan tema umum dan khusus terkait dengan keadilan fiskal dan otonomi daerah. Seminar, kata orang nomor satu di DPRD Kota Mataram ini, dimaksudkan untuk melakukan pengkajian terhadap otonomi daerah. Melakukan refleksi terhadap perjalanan otonomi daerah  berdasarkan UU No. 23 tahun 2014.

Di samping model perimbangan keuangan sebagai upaya mewujudkan keadilan fiskal bagi daerah dalam rangka memperkuat otonomi daerah untuk kesejahteraan rakyat. ‘’Juga untuk memperkaya rumusan rekomendasi yang substansinya adalah bagaimana mereformulasikan konsep dan regulasi otonomi daerah ke arah percepatan kemajuan dan  kesejahteraan rakyat serta mengefektifkan pengelolaan pemerintahan daerah dengan mengoptimalkan pelayanan publik yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat sebagai bagian dari upaya memperkokoh NKRI,’’ terangnya.

Rekomendasi tersebut, ungkap Didi, sebagai panduan bagi Adeksi untuk melakukan langkah-lagkah berikutnya sesuai dengan misi dari tema Rakernas. Baik yang bersifat kajian maupun rumusan regulatif berkaitan dengan kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal. Selain kegiatan diskusi dan seminar, Adeksi juga mengadakan kegiatan jalan sehat dan penghijauan pada Rabu (27/2) pagi yang dipusatkan di RTH Pagutan.

Rakernas Adeksi akan ditutup dengan acara gala dinner pada Rabu malam. Didi menegaskan, kegiatan Rakernas Adeksi di Mataram, juga sebagai bentuk respons positif, rasa empati, simpati dan kontribusi Adeksi ke arah percepatan pemulihan sosial dan ekonomi pascagempa, khususnya di Kota Mataram dan Lombok. (fit)