Pemprov Ajukan 7.000 Formasi P3K

Kepala BKD NTB, Drs. H. Fathurahman (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah pusat berencana akan membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2019 ini. Namun, yang menjadi persoalan jadwal rekrutmen P3K masih belum ada kejelasan.

‘’P3K ini masih belum ada jadwal rekrutmen. Banyak informasi yang tidak valid dan itu informasi yang belum pasti. Tentunya P3K ini akan didahului dulu dengan juknis oleh Kemen PANRB kepada seluruh provinsi dan kabupaten/kota,’’ ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurahman, M. Si dikonfirmasi Suara NTB, Sabtu, 12 Januari 2019.

Hingga saat ini petunjuk teknis (Juknis) mengenai rekrutmen P3K belum turun dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB). Meskipun demikian, Pemprov NTB sudah mengajukan sebanyak 7.000 formasi P3K ke Kemen PANRB.

Baca juga:  Nasib 223 P3K Pemprov Masih Menggantung

Fathurahman menjelaskan, sampai saat ini tahapan yang sudah dilakukan untuk seleksi P3K baru sebatas pengajuan kebutuhan formasi. Seluruh tenaga honorer yang berada di seluruh OPD lingkup Pemprov NTB sebanyak 7.000 orang lebih, termasuk di dalamnya guru honorer SMA/SMK.

‘’Jadi sudah kita sampaikan seluruh mereka yang honorer di provinsi. Terdata kemarin hampir di angka 7.000 lebih termasuk guru di dalamnya,’’ sebut Fathurahman.

Baca juga:  Nasib 223 P3K Pemprov Masih Menggantung

Fathurahman mengatakan, pihaknya belum mengetahui apakah rekrutmen P3K memprioritaskan tenaga honorer atau masyarakat umum. ‘’Makanya kita menunggu petunjuk teknis yang jelas kaitan dengan itu. Kalau PP(Peraturan Pemerintah) sudah ada. Tapi petunjuk teknis itu yang penting. Implementasi atau penjabaran dari PP itu. Bagaimana tahapan-tahapan dan mekanisme yang akan dilakukan,’’ terangnya.

Fathurahman menambahkan, tahapan pertama kaitan dengan penerimaan P3K sudah dilakukan, yakni menyampaikan kebutuhan formasi ke pemerintah pusat. Pemprov tinggal menunggu tahapan berikutnya, kaitan dengan juklak dan juknis pelaksanaan seleksi P3K tersebut. ‘’entu nanti Kemen PANRB akan mengeluarkan juknis dulu,’’ pungkasnya. (nas)