Donasi Pembaca Bali Post Group Disalurkan untuk Korban Gempa di Lotim

0
Para warga berpose bersama dengan perwakilan dari Bali Post saat menyerahkan bantuan, Jumat kemarin.

 Selong (Suara NTB) – Setelah Kamis, 27 September 2018 di Kabupaten Lombok Utara (KLU), Jumat, 28 September 2018 kemarin, giliran korban gempa di Desa Pohgading, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur (Lotim) menerima bantuan dari donasi pembaca Bali Post Gruop. Bantuan yang diserahkan berupa susu formula untuk 200 siswa Sekolah Dasar (SD) 5 Pohgading dan sembako serta keperluan mendasar lainnya untuk warga korban terdampak gempa.

Kepala Sekolah SDN 5 Pohgading, Fihiriyadi kepada Suara NTB menyampaikan terima kasihnya yang sebesar-besarnya kepada para pembaca Bali Post Group yang telah memberikan para siswanya susu. Bantuan susu ini sebutnya merupakan kali pertama. ‘’Kalau bantuan susu ini baru kali pertama dan ini sangat bermanfaat bagi para siswa,’’ katanya.

SDN 5 Pohgading merupakan sekolah yang terparah terdampak gempa di wilayah Kecamatan Pringgabaya. Di sekolahnya ini, terdapat 200 orang siswa. Satu orang siswa dilaporkan meninggal dunia saat kejadian gempa pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu.

Gempa susulan terjadi pada tanggal 19 Agustus 2018 dan makin memperparah kondisi kerusakan gedung sekolah. Saat ini, gedung sekolah tidak berani ditempati karena kondisinya sudah rusak parah. Terpaksa KBM digelar di bawah tenda. Setelah lebih dari sebulan berada di bawah tenda, kondisi psikologis siswa diyakini sudah mulai berangsur membaik.

Sementara itu, Kepala Dusun Sepin Ate, Desa Pohgading, Sujaya menyambut baik bantuan dari para pembaca Bali Post Group. Sambil berterima kasih, Sujaya menyampaikan doa, semoga perusahaan Bali Post Group ini tetap jaya dan makin banyak rezekinya.

Dituturkan, warga di Dusun Sepin Ate disebut paling parah terkena dampak guncangan gempa. Sebanyak 111 rumah rusak berat dan sama sekali tidak bisa ditempati. Ratusan rumah lainnya rusak ringan dan rusak sedang.

Saat ini warga masih berada di pengungsian meski ada warga yang sudah kembali karena sambil membersihkan puing-puing reruntuhan. Bantuan untuk para korban gempa di Dusun Sepin Ate dan sekitarnya ini terbilang jarang ada. Sebagian besar bantuan digelontorkan ke posko-posko besar.

Hadirnya bantuan dari hasil donasi pembaca Bali Post Group ini sangat disyukurinya. Diakui, bantuan kali ini cukup banyak ragamnya. Selain sembako,  ada juga bantuan tongkat untuk orang cacat, bantal, selimut, terpal, kasur dan lainnya.

Kadek Parwata, perwakilan dari Bali Post menjelaskan bantuan yang diserahkan tersebut merupakan donasi dari para pembaca Bali Post Group. Ini sebagai wujud kepedulian bersama untuk para korban gempa bumi yang ada di Lombok. Harapannya, bantuan yang disalurkan ini benar-benar bermanfaat bagi para korban gempa. Sebelumnya, hasil sumbangan yang terkumpul dari para pembaca ini juga diserahkan ke korban gempa yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

Bantuan kepada siswa berupa susu diharapkan agar tetap menjaga kesehatan para siswa. Para siswa tetap semangat belajar meski berada di bawah tenda darurat. Sebanyak 200 siswa SDN 5 Pohgading ini sampai saat ini masih belajar di bawah-bawah tenda karena gedung sekolahnya rusak parah dan tidak bisa lagi ditempati sebagai tempat kegiatan belajar mengajar. (rus)