Hafal Quran Lima Juz, IKIP Mataram Gratiskan Mahasiswa hingga Wisuda

Kitab Suci Al-Quran (Sumber Foto : Pixabay)

Mataram (Suara NTB) – Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram akan memberikan penghargaan berupa bantuan biaya pendidikan pada alumni SMA/SMK/MA sederajat yang masuk di kampus itu melalui jalur prestasi.

Selain membuka pendaftaran bagi alumni SMA/SMK/MA sederajat melalui jalur prestasi, IKIP Mataram juga membuka penerimaan melalui jalur umum.

Jalur prestasi yang dimaksud di berbagai bidang. Diantaranya, bidang olahraga, seni, agama, sains dan bahasa. Untuk bidang agama, IKIP Mataram menyiapkan beasiswa bagi calon mahasiswa yang telah menghafal Quran sebanyak lima juz. Jumlah hafalan Quran itu turun dari sebelumnya 30 juz.

Rektor IKIP Mataram Prof. Kusno, menegaskan awalnya pihak kampus telah membuka peluang bagi setiap pendaftar meraih beasiswa gratis mulai masuk hingga wisuda.  Syaratnya ialah mereka wajib menghafal Quran 30 juz.

Namun dalam perkembangannya, peminat beasiswa jalur ini tidak ada. Dia memprediksi calon mahasiswa kesulitan memenuhi syarat tersebut. Alhasil setelah dievaluasi syarat meraih beasiswa bagi para hafiz Quran diturunkan hanya menjadi 5 juz.

“Sebelumnya kan silahkan datang tapi ditunggu nggak datang datang,” tutur Kusno.

Penurunan syarat diharapkan mampu mendongkrak peminat IKIP Mataram pada jalur prestasi. Sehingga pada penerimaan mahasiswa baru mendatang dapat menghasilkan banyak mahasiswa baru.

Di samping itu, upaya memberi beasiswa bagi hafiz Quran dengan harapan agar para guru lulusan IKIP nantinya mampu menjadi guru teladan yang mencerminkan akhlakul karimah bagi siswanya.

“Bagimana guru yang hafal alquran. Spirit hafiz alquran siapa tau bisa terjaga akhlaknya tinggal nambahin materinya aja supaya jadi teladan,” ungkapnya.

Sementara khusus jalur prestasi olahraga dan lain sebagainya agar melampirkan prestasi yang telah didapatkan diberbagai event. Baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Itu tadi kalau ada prestasi akademik bidang seni, IPA, ada kita hargai jadi upaya adik adik yang mau masuk,” katanya. (dys)