Sejumlah Rincian Formasi CPNS Keliru

Ilustrasi PNS/ASN (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Beberapa rincian formasi CPNS yang diperoleh Pemprov dan Pemda kabupaten/kota di  NTB masih ada kekeliruan. Untuk itu, Pemprov dan Pemda kabupaten/kota ramai-ramai mendatangi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB).

‘’Ada bebarapa item yang perlu direvisi kaitan dengan pendidikan dan arah formasi,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurahman, M. Si ketika dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 16 September 2018.

Dari formasi yang diterima, masih ada kekeliruan. Misalnya, syarat pendidikan guru bahasa Inggris. Tetapi akan dijadikan guru bahasa Indonesia.

‘’Ada salah ketik yang perlu kita klarifikasi ke Kemen PANRB. Teman-teman (kabupaten/kota) sudah berangkat minggu ini. Kemudian Senin diharapkan sudah bisa selesai konfirmasi dan sebagainya,’’ ujar Fathurahman.

Baca juga:  Nasib 223 P3K Pemprov Masih Menggantung

Formasi yang diterima pekan lalu juga masih capian, belum ada tandatangan Men PANRB. Untuk itulah, Pemprov dan Pemda kbupaten/kota mendatangi Kemen PANRB untuk melakukan perbaikan atau revisi.

‘’Ini seluruh kabupaten/kota sama-sama ke Jakarta. Seluruhnya ada masalah kaitan dengan formasi itu,’’ katanya.

Jadwal pendaftaran CPNS 2018 yan direncanakan 19 September 2018 mendatang berpotensi molor akibat kekeliruan rincian formasi tersebut. Di samping itu, Badan Kepagawaian Negara (BKN) belum melakukan verifikasi tempat pelaksanaan tes CAT CPNS yang ada di NTB.

Baca juga:  Nasib 223 P3K Pemprov Masih Menggantung

‘’Sudah kita koordinasi dengan BKN tapi meminta clearkan kaitan dengan formasi. Paralel kita bekerja. Mudahan tak lewat dari jadwal pelaksanaan tes CAT-nya,’’ harapnya.

Untuk penerimaan CPNS 2018, Kemen PANRB memberikan jatah atau kuota sebanyak 2.915 formasi kepada Pemprov NTB dan 10 kabupaten/kota di daerah ini. Dengan rincian Pemprov 332 formasi, Lombok Barat 185 formasi, Lombok Tengah 481 formasi, Lombok Timur 225 formasi, Bima 352 formasi, Dompu 173 formasi, Sumbawa 217 formasi, Sumbawa Barat 226 formasi, Lombok Utara 264 formasi, Kota Mataram 262 formasi dan Kota Bima 198 formasi. (nas)