Menurun, Kiriman Uang TKI dari Kantor Pos

0
19

Mataram (Suara NTB) – Kiriman uang dari tenaga kerja asal NTB yang ada di luar negeri mengalami penurunan. Penertian di negara penempatan, serta berkurangnya animo bekerja di luar negeri ditengarai menjadi pemicunya.

Kapala Kantor POS Cabang Mataram, Made Wirata menyebut data statistik menurunnya kiriman tenaga kerja NTB di luar negeri mencapai 16 persen dari keadaan Januari-Mei 2017, dibanding periode yang sama pada tahun 2018 ini.

“Karena penertiban, banyak yang pulang, atau yang sudah pulang tidak tertarik lagi kembali terutama di Malaysia. Bisa jadi itu persoalannya,” demikian Wirata di ruang kerjanya, Kamis, 28 Juni 2018.

Sebaliknya, jumlah kiriman uang yang masuk ke NTB, terutama dari Kalimantan keadaannya terbalik. Jumlah kiriman pertumbuhannya sampai 13 persen pada Januari – Mei 2018, dibanding periode yang sama di tahun 2017 lalu.

Made Wirata menyebutkan, animo masyarakat untuk bekerja di dalam negeri nampaknya cukup baik. Terbukanya lahan perkebunan di Kalimantan, lebih dipilih dibanding bekerja ke Malaysia dengan bidang pekerjaan yang sama.

Sejak Januari hingga Mei 2018 ini, Kantor POS telah memfasilitasi pengiriman uang TKI dari luar negeri sebesar Rp 146 miliar. Biasanya, transaksi pelayanan keuangan untuk kiriman TKI di Kantor POS mencapai 10 ribu transaksi sebulan. Belakangan, berkurang hanya 8.000 transaksi sebulan.

Untuk layanan kiriman uang dari luar negeri ini, lanjut Made Wirata, POS bekerjasama dengan sejumlah agen di luar negeri. Kiriman uang dari TKI biasanya tak memerlukan waktu lama dan dapat diambil langsung oleh penerima.

“Tinggal tunjukkan nomer pengirimannya. Uang sudah bisa diterima di layanan Kantor POS yang ada di kecamatan,” demikian Wirata. (bul)