Tinjauan Buku Manajemen Pelayanan Publik

Oleh : Mutiara Yulita

Judul buku      : Manajemen Pelayanan Publik

Peulis               : Hayat, S.AP,M.Si

Penerbit           : Rajawali pers

Cetakan/hal     : 2017/225

Buku ini ditulis oleh Hayat S.APM.Si dosen Universitas Islam Malang. Buku ini pada dasarnya ditujukan untuk mahasiswa fakultas ilmu administrasi dan berisi tentang cara menjadi seorang pemimpin yang bisa mengatur dan bertanggungjawab dengan menggunakan kegiatan manajemen. Pembahasan dalam buku ini sangat runtut sehingga pembaca dapat memahami isi buku. Buku ini sangat menarik isinya. Pembaca mudah mengerti dan gampang dalam memahami kata-katanya.

Pelayanan publik didefinisikan sebagai kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan jika pelayanan yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Optimalisasi pelayanan publik adalah keniscayaan bagi pemerintah dan menjadi cita-cita masyarakat. Tercapainya reformasi birokrasi dan good governance salah satunnya adalah dipengaruhi oleh kualitas pelayanan publik yang diberikan secara optimal.

Buku ini bisa dijadikan sebagai pedoman jika seorang ingin menjadi seorang pemimpin yang bisa bertanggung jawab dan bisa menjadi pemimpin yang baik. Di dalam buku ini setiap bab pembahasannya sangat menarik untuk dibaca dan mudah untuk dimengerti. (*)