Persiapan MNEK di Mataram Hampir Rampung

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram menjadi tuan rumah pelaksanaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang berlangsung 4-9 Mei pekan ini. Persiapan untuk menyambut delegasi dari 37 negara mencapai 98,9 persen atau hampir rampung 100 persen.

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang mengungkapkan, untuk menyambut MNEK persiapan sudah 98,9 atau hampir 100 persen dari segala sisi yang merupakan kesepakatan bersama antara Pemkot Mataram dengan TNI Angkatan Laut. Tinggal mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan MNEK.

“Alhamdulillah, dari sisi persiapan Kota Mataram sudah mencapai 98,9 persen,” klaim Martawang.

Disampaikan, agenda kegiatan di Mataram sebagai venue utama. Di antaranya, pada Jumat malam akan ada performance art di Malomba.

Baca juga:  Hati-hati Posting Status di Medsos

Keesokan harinya, dilanjutkan parade budaya yang mengambil start di Islamic Center dan finish di Pajang dan pembukaan pameran alutsista milik TNI AL di halaman Islamic Center. Pada Malam Minggu akan ada culture performace di Malomba yang akan menampilkan peserta dari 37 Negara.

“Minggunya akan ada VVIV dan fun run 5 dan 10 km,” sebutnya. Dekorasi penataan kota sejak sebulan lalu dikerjakan. Termasuk penyelesaian monumen bahari dan panser yang rencananya akan diresmikan tanggal 6 Mei pekan ini.

Martawang menegaskan, Kota Mataram sudah siap secara keseluruhan menerima tamu – tamu yang datang dari berbagai negara. Terkait akomodasi dipastikan sudah tidak ada masalah. Seluruh Konjen menginap di salah satu hotel bintang lima di kawasan Cakranegara.

Baca juga:  TNI Jamin Kelancaran Evakuasi Warga NTB di Papua

Di samping itu, tamu – tamu ini juga memakai hotel lain yang langsung berkoordinasi dengan TNI AL. Demikian pula persiapan di kawasan wisata Senggigi juga telah siap.

“Saya sempat ke Senggigi mengecek persiapannya, sudah bagus,” tuturnya. Berdasarkan laporan, sementara ini tidak ada masalah. Lampu – lampu jalan dan dekorasi kota sudah diperbaiki. Harapan masyarakat meramaikan dan melihat seperti apa TNI AL keunikan dan kecanggihan alat perang milik negara lain.

“Tentara Inggris yang terkenal nanti bisa dilihat. Termasuk pasukan tentara Amerika Serikat dengan kecanggihan alutsistanya akan bisa dilihat,” tandasnya. (cem)