Wisatawan asal Malaysia Masih Mendominasi Kunjungan

0
13

Mataram (Suara NTB) – Sudah semakin banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke NTB. Kujungan wisman terbanyak masih didominasi oleh wisatawan dari Malaysia. Mereka cenderung suka berkunjung ke pantai dan suka melakukan wisata kuliner.

Sebelumnya Ketua Asita NTB Dewantoro Umbu Djoka mengatakan selama ini kunjungan wisatawan Malaysia masih cukup stabil. Banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai dan menikmati aneka hidangan kuliner khas NTB. Apalagi karakter makanan yang disukainya sangat sesuai dengan hidangan khas dari NTB.

“Kunjungan terbanyak memang masih dari Malaysia. Kita harus rawat dengan baik pasar Malaysia ini sembari kita menjajaki pasar dari negara lain,” ujarnya.

Ia melihat Pasar Malaysia ini memiliki potensi yang cukup baik di masa mendatang. Sebab karakter destinasi wisata yang disukainya sangat sesuai dengan destinasi wisata yang dimiliki NTB. Sehingga pihaknya terus berupaya untuk berpromosi dan mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan.

“Dalam waktu dekat ini kita akan adakan Rinjani Travel Mart yang ketiga. Banyak juga buyers dari Malaysia, selain karena kita undang, ada juga yang mendaftar sendiri. Tentu saja ini merupakan respons yang cukup baik,” ujarnya.

Selama ini Pemda NTB beberapa kali sudah melakukan promosi ke Malaysia. Selain itu, Pemda juga terus menjajaki peluang kerjasama baru di masa mendatang. Sehingga hubungan kedua negara terus baik dan kunjungan wisatawan dari Malaysia juga bisa semakin banyak.

Hal yang sama diungkapkan pelaku pariwisata asal Lombok Timur Beri Putra. Ia mengatakan selama ini yang banyak menggunakan jasanya adalah wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah wisatawan yang berasal dari Malaysia. Menurutnya, wisatawan Malaysia sangat cocok dengan karakter destinasi wisata yang dimiliki NTB.

“Mereka itu suka ke pantai dan suka belanja. Mereka juga suka makan, terutama makanan yang agak pedas. Jadi sudah sangat cocok dengan karakter destinasi wisata kita. Selain itu, kuliner kita juga sangat pas untuk mereka,” ujarnya.

Ia berharap ke depan akan semakin banyak wisatawan dari Malaysia yang berkunjung. Bukan itu saja, ia juga berharap penerbangan langsung dari Malaysia dan beberapa negara lainnya bisa diperbanyak. Sehingga bisa lebih mempermudah akses wisatawan menuju NTB, khususnya Lombok. (lin)