Gempa 4,5 SR Guncang Bima, Tak Berpotensi Tsunami

Mataram (suarantb.com) – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Bima NTB, Selasa, 4 Juli 2017. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi  terjadi pada pukul 22.04.39 WITA. Dengan kekuatan 4,5 skala richter (SR), episenter terletak di darat pada koordinat 8,71 LS dan 118,36 BT, dengan  kedalaman 119 km.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, SP, MM menjelaskam peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan di daerah Bima, Sambinae, Mande dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG atau (II-III MMI). Hal ini dikonfirmasi laporan dari masyarakat bahwa guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya gempa bumi darat di Bima ini merupakan jenis gempa bumi tektonik akibat aktivitas sesar aktif,” terang Agus.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, kata Agus, hingga laporan ini disusun pada pukul 22:45 WITA belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Hasil analisa BMKG menunjukkan posisi episenter gempa bumi tersebut di darat. Sehingga gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Untuk itu kepada warga Bima dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pintanya. (nas)

  Dua Mahasiswa Kedapatan Pakai Narkoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here