Pagi Ini Penerbangan di LIA Kembali Dibuka

Mataram (suarantb.com) – Sempat ditutup selama satu hari, Lombok International Airport (LIA) akhirnya kembali dibuka pagi ini, Jumat, 1 Desember 2017. Demikian disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi BIL Praya, Ot Oral Sem Wilar.

“Kami laporkan hari ini pukul 08.00 WITA diadakan rapat koordinasi kembali yang dipimpin General Manager Angkasa Pura 1 LIA bersama stakeholder bandara terkait, diputuskan bandara LIA dibuka kembali sejak saat ini,” ujarnya.

Pembukaan LIA ini disampaikan Oral atas hasil pantauan sebaran abu vulkanik Gunung Agung  menjauh dari wilayah Lombok. “Sesuai dengan pantauan satelit Himawari yang dikeluarkan dari BMKG dan VAAC Darwin. Arah angin kalau sudah mengarah ke timur tenggara, udah pasti LIA ditutup. Kalau mengarah ke barat selatan pasti Bandara Ngurah Rai yang ditutup,” jelasnya.

Sebelum  penutupan penerbangan  LIA Kamis kemarin, 30 November 2017 sebanyak sembilan penerbangan keberangkatan Lombok telah dibatalkan. Maskapai Garuda Indonesia membatalkan tujuh penerbangan dan dua penerbangan maskapai Citilink.

Untuk maskapai Garuda Indonesia dari LOP yang dibatalkan akibat abu vulkanik Gunung Agung tanggal 30 November 2017, yaitu GA431 LOP-CGK, GA7049 LOP-DPS, GA7024 LOP-BMU, GA435 LOP-CGK, GA433 LOP-CGK, GA365 LOP-SUB, dan GA451 LOP-DPS. Sementara untuk Citilink penerbangan tujuan Jakarta dan Surabaya yang dibatalkan, dengan nomor penerbangan QG-167 dan QG-665. (ros)