Ribuan Pohon Flamboyan Warna-Warni akan Hiasi Bukit di Mandalika

Mataram (suarantb.com) – Sekitar 5 ribu pohon flamboyan disiapkan untuk melakukan penghijauan bukit gundul yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Ini merupakan tindak lanjut atas direktif Presiden Joko Widodo pada kunjungannya ke KEK Mandalika beberapa waktu lalu. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kehutanan NTB, Madani Mukarom, Sabtu, 25 November 2017.

“Sudah dirapatkan, kita sudah bahas dan para pihak sudah sepakat tanggal 15 Desember 2017 akan kita lakukan penanaman bertepatan dengan hari penanaman pohon. Kita sedang melakukan pengukuran dan kita sudah siap 5 ribu pohon flamboyan,” jelasnya.

Madani mengemukakan pohon flamboyan dipilih karena merupakan tanaman berkayu, namun memiliki bunga. Di sebelah timur bukit ditanami flamboyan berbunga merah dan sebelah selatan akan dihiasi flamboyan berbunga putih.

“Kita rancang dengan penanaman flamboyan agar pada saat bunganya mekar orang-orang bisa selfie. Kita rancang merah sebelah timur, putih sebelah selatan, pokoknya kita percantik. Pihak ITDC dan pihak-pihak lain juga mau nyumbang,” ungkapnya.

Selain kawasan perbukitan, lahan di kawasan Masjid Nurul Bilad KEK Mandalika juga akan segera dihijaukan. Termasuk kawasan KEK Mandalika juga diakui Madani didorong untuk segera ditanami pohon.

“Biar cepat hijau d KEK Mandalika, biar cepet seperti di gambar rencananya itu. Kan beda gambarnya dengan saya lihat sekarang, kita lihat di gambarnya teduh. Makanya saya minta ITDC cepat dihijaukan, supaya sesuai gambarnya,” sahutnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengkritisi kondisi perbukitan di sekitar kawasan KEK Mandalika yang telah banyak gundul. “Hijaukan kawasan yang gundul, yang kurang vegetasi, kurang pohonnya, tanam. Tanaman minta berapa ratus ribu saya kirim. Tapi jangan asal tanam terus nggak diurus, nggak diawasi. Sering ribut tanam 1 juta pohon, tapi yang hidup cuma tiga,” kritiknya. (ros)