Jokowi Janji Seluruh Tanah di NTB Tuntas Disertifikatkan Tahun 2022

Praya (suarantb.com) – Ribuan warga Pulau Lombok menerima sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Nasional yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) bertempat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Jumat pagi, 20 Oktober 2017.

Sembari menyerahkan 2.700 sertifikat pada warga yang hadir, Jokowi menjanjikan tahun 2022 seluruh warga NTB sudah mendapatkan sertifikat tanah. “Demen? Cemoh?” tanyanya yang diiyakan seluruh warga yang hadir.

Kepemilikan sertifikat tanah ini diakui Jokowi sangatlah penting. Mengingat temuan di lapangan banyaknya sengketa tanah yang terjadi di seluruh Indonesia.

Baca juga:  Kejati NTB Menolak Kalah di Sengketa Lahan KEK Mandalika

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional baru, Sofyan Djalil menyampaikan tahun ini sebanyak 115 ribu

sertifikat tanah diserahkan pada warga NTB.

“Hingga hari ini diperkirakan ada 1, 6 juta bidang tanah di NTB, sisanya masih ada ada 870 ribu bidang yang harus disertifikatkan. Tahun ini kita serahkan 115 ribu sertifikat, biasanya per tahun hanya 15 ribu. Nanti tahun 2018, kita targetkan seluruh tanah di Kota Mataram sudah tersertifikatkan. Dan untuk NTB seluruhnya tahun 2022 tuntas,” papar Sofyan.

Baca juga:  Kejati NTB Menolak Kalah di Sengketa Lahan KEK Mandalika

Setelah menerima sertifikat, Jokowi menyarankan agar sertifikat tersebut dijaga dengan baik. “Saya titip kalau sudah dipegang ini, dimasukkan plastik, kalau gentengnya bocor kena air nggak rusak. Difotokopi juga, ini hal kecil tapi nanti kalau sertifikat hilang, ngurusnya ndak sulit. Kalau hilang tunjukkan  fotokopi cepat buatnya,” lanjutnya. (ros)