BKKBN Pusat Nilai Kampung KB di Mataram Berhasil

Mataram (Suara NTB) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat melakukan evaluasi terhadap satu tahun berjalanannya Kampung KB di Kota Mataram. Hasil evaluasi pekan pertama di bulan September ini, tim telah meninjau Kampung KB yang terletak di Lingkungan Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela.

Kampung KB diresmikan Maret 2016 lalu dinilai telah berhasil. Kegiatan evaluasi ini menurut Ketua Tim Evaluasi BKKBN Pusat, Sri Wahyuni, SH, MH dilakukan mengingat keberadaan Kampung KB di Kota Mataram telah berusia satu tahun, sehingga perlu dilakukan evaluasi. Salah satunya dengan berkunjung ke Dinas PPKB dan meninjau wilayah Kampung KB untuk melihat secara langsung program terintegratif di wilayah tersebut.

Dikatakan, keberadaan Kampung KB dinilai penting untuk menggelorakan kembali program KB yang di masa lalu dinilai berhasil menekan angka pertumbuhan penduduk. “Pemilihan lokasi Kampung KB didasari pada masih adanya angka keluarga pra sejahtera, dan program KKBPKyang belum berjalan seperti yang diharapkan di wilayah tersebut,” jelasnya pekan kemarin.

Dengan adanya evaluasi ini lanjutnya, akan diperoleh data perkembangan Kampung KB yang apabila dinilai berhasil maka bisa menjadi contoh bagi wilayah lain. Menurutnya, sejak dicanangkan Presiden Joko Widodo, kampung KB diharapkan mampu menjadi motor penggerak perubahan pembangunan masyarakat sesuai dengan arah Nawacita Presiden Jokowi yang ingin membangun dari desa.

“Melalui Gerakan Revolusi Mental, diharapkan masyarakat sadar akan arti pentingnya kesehatan guna mewujudkan masyarakat Indonesia sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Mataram, Sutrisno menyebutkan, evaluasi Kampung KB penting untuk melihat sinkronisasi dan integrasi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dengan program lintas sektoral. Sebab, Kampung KB ini rohnya adalah miniatur program kegiatan dari semua lintas sektoral serta pihak swasta.

Perkembangan Kampung KB di Lingkungan Geguntur diakuinya berjalan dengan baik karena dukungan dari semua pihak termasuk para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda bersama elemen masyarakat.

“Mereka berharap adanya perubahan secara fundamental di wilayah mereka agar menjadi keluarga yang lebih sejahtera dan berkualitas,” paparnya. Saat ini sambungnya, progresnya telah tumbuh dan aktif dilakukan oleh masyarakat yaitu keberadaan kelompok kelompok kegiatan (BKB, BKR, BKL, PIK R/M). Demikian juga, dengan kegiatan posyandu dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Lurah Jempong Baru M. Yusuf memperlihatkan hasil bedah rumah,sambungan air bersih, jalan setapak/rabat jalan yang telah dilakukan oleh lintas sektor di wilayah Geguntur. Keterpaduan program tersebut harus dilaksanakan karena komitmen dan keseriusan Walikota dan Wakil Walikota untuk meningkatkan kualitas masyarakat dan kesejahteraan keluarga, sehingga keluarga keluarga di Kota Mataram menjadi keluarga yang tangguh. (cem/*)