Presiden Jokowi Beli Hewan Kurban di NTB

Selong (Suara NTB) – Presiden RI, Ir. H. ┬áJoko Widodo (Jokowi) membeli hewan kurban di Lombok Timur (Lotim) NTB. ┬áSapi jenis simental dengan berat 920 kg ini dipesan khusus Presiden. Staf presiden yang ditunjuk sudah datang membayar hewan yang akan disembelih di Mataram pada hari raya Idul Adha 1438 H, Jumat, 1 September 2017.

“Kemarin staf khusus presiden sudah datang langsung membayar dan cukup singkat di Lotim,” tutur Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lotim, Syamsuri Hamzan di Selong, Selasa, 29 Agustus 2017.

Kepada Suara NTB, Syamsuri menuturkan, selama empat tahun terakhir peternak sapi asal Lotim paling dipercaya oleh pihak kepresidenan. Dibandingkan kabupaten lain, cara beternak Lotim cukup baik dengan hasil sapi yang besar-besar.

Idul Adha tahun sebelumnya, Presiden juga membeli sapinya dari Lotim. “Tahun lalu beratnya sekitar 820 kg, dan tahun ini lebih berat lagi,” ucapnya. Sapi pilihan Presiden katanya, diharuskan yang terbaik. Peternak Lotim memenuhi syarat menghadirkan ternak kurban terbaik bagi presiden.

Adapun harga jual satu ekor sapi kurban ini Rp 57 juta. Staf Presiden sudah membayar langsung ke peternaknya tanpa tawar menawar. “Sudah diketahui sebelumnya sejarah dari proses pemeliharaan sapi yang akan dikurbankan oleh Presiden,” ucap Syamsuri.

Selain Presiden, Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretaris Daerah (Sekda) juga sudah membeli sapi kurbannya dari peternak Lotim. Gubernur beratnya 850 kg, Wagub seberat 470 kg dan Sekda 455 kg. “Semua sudah siap dibawa ke Mataram,” demikian Syamsuri Hamzan. (rus)