Mengenal Lima Tanaman dalam Alquran

0

Mataram (suarantb.com) – Selain perintah dan larangan Allah, ayat-ayat dalam kitab suci Alquran juga menyebutkan nama beberapa yang tidak bisa dipungkiri memiliki banyak khasiat jika dikonsumsi. Lima di antaranya adalah buah kurma, tin, zaitun, anggur dan delima.

Delima dan anggur sudah bisa ditemukan tumbuh di NTB, namun tiga lainnya akan segera mengisi Taman Alquran yang tengah digagas Dosen Universitas Teknologi Sumbawa, Arief Budi Witarto. Atas dukungan Dr. H. Zulkieflimansyah untuk melengkapi Science dan Techno Park (STP) yang sudah berdiri.

Meski sering ditemui atau hanya mengetahui namanya saja, perlu kiranya untuk mengetahui khasiat beberapa buah tersebut. Dilansir dari klikdokter.com, berikut khasiat dari buah-buahan tersebut.

  • Anggur

Berbagai studi menunjukkan bahwa polifenol resveratrol yang terdapat pada kulit anggur dapat mencegah kerusakan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah pembekuan darah. Anggur yang kaya akan antioksidan juga baik untuk kecantikan.

Meski menyehatkan, konsumsi anggur merah yang berlebihan dapat menimbulkan kecanduan. Karena itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk membatasi konsumsi anggur merah tidak lebih dari 2 gelas (1 gelas 150 mililiter) sehari, selama 5 hari dalam satu minggu.

  • Buah Tin atau Buah Ara

Buah yang terasa manis ini, bisa dimakan dalam keadaan segar atau dikeringkan terlebih dahulu. Buah ini kaya akan kalium dan kalsium, mineral yang berperan dalam pengaturan tekanan darah. Buah ara juga tinggi kandungan serat, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

  • Delima

Penelitian menunjukkan bahwa delima dapat mencegah kerusakan pembuluh darah. Ini dikarenakan delima mengandung ellagic acid, flavonoid, anthocyanin, dan flavon yang memiliki manfaat antiradang, antioksidan, antiobesitas, dan antikanker. Karena itu delima banyak dikembangkan sebagai pilihan terapi penyakit kronik seperti kanker, diabetes, radang usus, radang sendi, dan obesitas.

  • Buah Zaitun

Sejak dahulu kala, buah zaitun telah dimanfaatkan sebagai obat, bumbu masak, bahan bakar lampu, sabun, kosmetik, dan mata uang. Di masa kini, buah dan minyak zaitun, khususnya extra virgin olive oil dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Karena kaya akan antioksidan dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan efek kolesterol ‘jahat’ dan meningkatkan kadar kolesterol ‘baik’.

Tak hanya itu, minyak zaitun kaya akan vitamin E yang dapat mencegah kanker usus besar dan mengurangi keluhan radang lambung. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan, utamanya meremajakan kulit.

  • Kurma

Ada segudang khasiat yang dimiliki buah manis yang banyak dijual saat bulan Ramadan ini. Kurma bisa menyembuhkan sembelit, gangguan pada jantung, anemia, gangguan kesehatan reproduksi, diare, kanker perut dan berbagai penyakit lain, dilansir dari www.organicfacts.net.

Bagi yang ingin menaikkan berat badan, kurma sangat cocok untuk dikonsumsi, karena kaya akan vitamin, mineral dan serat. Kandungannya antara lain, lemak, kalsium, sulfur, zat besi, potasium, fosfor dan magnesium yang sangat berguna bagi kesehatan. Para ahli kesehatan juga menyatakan memakan satu butir kurma tiap hari bagus untuk diet sehat dan seimbang. (*)