Aplikasi Berbahasa Sasak di Facebook Ini Mulai Populer

Mataram (suarantb.com) – Beberapa hari ini, pengguna Facebook di Lombok tengah menggandrungi aplikasi sejenis kuis yang tersedia di media daring ciptaan Mark Zuckerberg itu. Bagaimana tidak, karena bahasa yang digunakan pun adalah bahasa Sasak.

Namun, bukan alasan itu yang membuat akun Facebook Emawati Abdullah ikut tergoda dan berulang kali mengklik aplikasi tersebut. Melainkan, karena jawaban-jawaban unik yang muncul membuatnya tak kuasa menahan tawa. Ia pun tertawa terbahak tiap melihat jawaban dari satu pertanyaan yang dikliknya.

Aplikasi yang dikelola testony.com ini menawarkan berbagai pertanyaan berbahasa Sasak. Bagi yang bertanya-tanya tentang jodoh, kehidupan hingga kematian tersedia berbagai jawaban kocak dalam bahasa Sasak.

Sebagai contoh, pertanyaan berikut: Pire kali aku merariq lemaq? (Berapa kali saya akan menikah?). Emawati mendapatkan jawaban, yang bisa dinilai luar biasa. “Kamu merariq 20 kali, 19 kali beseang,, soalne 19 merariq ndiq wah puas ye. (Kamu akan menikah 20 kali, 19 kali cerai, karena 19 kali menikah tak pernah puas),” begini jawaban kocak aplikasi tersebut.

Jawaban ini pun dibagikan Emawati dalam salah satu statusnya dengan tambahan gambar emotikon tertawa terbahak-bahak.

Selain Emawati, akun bernama Sidratul Muntaha juga harus menelan pahit saat pertanyaan tentang siapa yang merindukannya diberi jawaban demikian. “Hahaha mate-mate wah side jak, percumem irup ndek araq dengan kangenm, au kaye jak! (Hahaha, mati saja kau, tak ada guna hidup tidak ada yang kangen padamu, oh kasian),” jawabnya.

Selain dua akun tersebut, menurut pantauan suarantb.com aplikasi ini laris dibagikan masyarakat yang notabenenya pengguna bahasa Sasak. Lulu Kirei, pengguna aplikasi ini menyebutnya unik karena menggunakan bahasa Sasak.

“Kalau menurut saya lumayan sih jadi hiburan. Karena kebetulan pakai bahasa kita juga, jadi agak lucu aja kalau dibaca. Cuma herannya kok bisa ada aplikasi pakai bahasa Sasak ya? Tumben. Siapa kira-kira adminnya?” komentarnya bertanya-tanya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui siapa sosok yang menciptakan kuis tersebut melalui website testony.com. (ros)