Ribuan Tentara Maritim dari Seluruh Dunia akan Datang ke Lombok

Mataram (suarantb.com) – Lombok akan menjadi lokasi penyelenggaraan Komodo Exercise 2018.  Latihan angkatan laut multirateral ini akan mendatangkan ribuan tentara dari seluruh penjuru dunia ke Pulau Lombok.

Komandan Gugus Tempur Laut Armatim, Kolonel Laut (P) Rachmad Jayadi menjelaskan acara yang digelar dua tahun sekali ini memang mengundang angkatan laut dari seluruh dunia. Tahun lalu Komodo Exercise digelar di Padang, Sumatera Barat dan berhasil mendatangkan angkatan laut dari 23 negara dengan 50 kapal perang.

“Kita harapkan tahun depan lebih banyak lagi yang datang. Tahun lalu 50 kapal perang itu membawa 8 ribu tentara. Bayangkan semuanya turun di Mataram ini,” jelasnya usai pertemuan dengan Sekda NTB di Kantor Gubernur NTB, Rabu, 3 Mei 2017.

Baca juga:  Terkait Polemik Nama Bandara, Danrem Beri Peringatan

Rachmat menjelaskan tujuan dari Komodo Exercise ini utamanya latihan bersama dan bukan termasuk latihan perang. Melainkan latihan bersama sembari mengenalkan area perbatasan Indonesia pada negara yang hadir. Termasuk potensi wisata yang ada di Indonesia, khususnya Lombok yang menjadi lokasi acara tahun depan.

“Untuk tahun depan kita ambil tema tindak kriminal lintas negara yang terorganisir (Trans National Organize Crime). Jadi kita bersama membahas bagaimana cara menanggulanginya, dengan bekerja sama dengan negara lain juga,” imbuhnya.

Baca juga:  Terkait Polemik Nama Bandara, Danrem Beri Peringatan

Mei 2018 dipilih menjadi waktu pelaksanaan kegiatan ini. Pertimbangannya di bulan itu cuaca sudah mulai bagus dan potensi hujan mulai berkurang. Ini menjadi penting, karena kegiatan latihan sebagian besar akan berfokus di laut.

Selain latihan, Rachmat juga mengakui ada agenda kunjungan ke lokasi wisata dari peserta Komodo Exercise. “Kita sudah tinjau lokasinya, nanti rencananya mau ke rumah mutiara, gili dan tempat lainnya. Intinya mari kita ramaikan Mataram ini,” katanya. (ros)