Ini Harapan TGB Tentang Kedatangan Raja Salman

Mataram (suarantb.com) – Rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud telah tiba hari ini, Rabu, 1 Maret 2017 di Indonesia. Kedatangan Raja Salman disambut baik oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi.

“Mudah-mudahan bawa manfaat untuk kita. Prinsip utamanya beliau itu tamu, jadi kita terima dengan baik,” ujarnya saat ditemui di Pendopo Kantor Gubernur, Rabu, 1 Maret 2017.

TGB berpesan agar tidak ada komentar dan hal-hal negatif yang dilontarkan terkait kunjungan ini. “Sebagai masyarakat yang beragama dan berbudaya, semua tamu apalagi kunjungan kenegaraan ya kita terima dengan baik. Karena itu kan diplomasi jangka panjang,” katanya.

Kedatangan sejumlah rombongan Raja Salman ke NTB diakui TGB telah didiskusikan melalui Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan  Kementerian BUMN. PT ITDC selaku  pengelola kawasan Mandalika juga sudah mempersiapkan diri.

“ITDC sudah siap presentasi untuk beberapa delegasi yang rencananya akan ke Lombok. Dan ITDC juga

nanti bisa presentasi di Bali sana kepada anggota rombongan. Saya pikir ini peluanglah, kita sambut dengan baik,” tandasnya.

Dua hari lalu di kediamannya TGB telah menerima kedatangan ketua asosiasi investor saudi di Indonesia. Padanya ia menjelaskan potensi yang ada di NTB. “Mereka sangat tertarik dan banyak potensi yang mereka tertarik untuk dikembangkan,” akunya.

Selain itu, TGB mengakui secara objektif Lombok belum terpilih menjadi tujuan wisata rombongan kerajaan Arab ini. Disebutnya keterbatasan sarana akomodasi menjadi alasan utama.

“Nanti kalau KEK Mandalika dua tahun lagi jadi, ada 1.000 kamar baru. Insya Allah bisa menampung kegiatan besar,” ucapnya.

Terkait komentar negatif yang menyinggung tentang kemewahan yang mengiringi kedatangan Raja Salman, TGB kurang sependapat. “Kan standar pendapatan per kapita Saudi mencapai 25 ribu dollar satu orang, kita masih 2000 – 3000 dolar. Jadi kalau dia menyewa kendaraan dan pelayanan terbaik seperti itulah standarnya. Itu kita harus hormati,” tandasnya. (ros)