Profesor Universitas Korea Dideportasi Imigrasi Mataram

Mataram (suarantb.com) – Kantor Imigrasi Kelas I Mataram mendeportasi seorang warga Korea Senin, 13 Februari 2017 sekitar pukul 12.00 Wita. Choi Chunghyun dipulangkan karena menyalahgunakan visa atau izin tinggal yang digunakannya di Indonesia dengan membangun PT. Elite Akademi Korea.

Berdasarkan hasil berita acara pemeriksaan, Kasi Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Mataram, Rahmat Gunawan mengungkapkan, Chunghyun telah melakukan suatu kegiatan yang tidak sesuai dengan izin keimigrasian yang berlaku.

“Yang bersangkutan dipulangkan ke negara asalnya karena melakukan kegiatan di luar izin,” ungkapnya, Senin, 13 Februari 2017.

Gunawan juga mengungkapkan, berdasarkan struktur organisasi PT. Elite Akademi Korea, Choi Chunghyun menjabat sebagai Wakil Direktur yang mendukung semua kegiatan serta membangun perusahaan tersebut. Choi Chunghyun sudah melakukan kegiatan ini sekitar 6 bulan.  Selain itu, Choi juga mengaku sebagai Profesor di Universitas Korea.

“Iya, yang bersangkutan mengaku profesor di Universitas Korea,” lanjutnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh Choi Chunghyun ini akhirnya tercium oleh Kantor Imigrasi Mataram setelah PT. Elite Akademi Korea mengajukan berkas perpanjangan. Anggota Imigrasi merasa curiga karena perusahaan ini sering kali melakukan perpanjangan. Akhirnya, Tim melakukan penelusuran ke perusahaan tersebut sehingga Choi Chunghyun dipanggil oleh kantor imigrasi untuk dilakukan pemeriksaan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Choi telah melakukan kegiatan yang bersifat mendukung perusahaan tersebut namun tidak menggunakan visa yang sebagaimana mestinya.

“Yang bersangkutan memang telah melakukan kegiatan yang sifatnya mendukung PT Elite Akademi Korea dengan tidak didukung oleh visa yang tidak benar,” pungkasnya. (dea)