Waspada Angin Kencang dan Pohon Tumbang hingga 9 Februari

Advertisement

Mataram (Suara NTB) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca buruk masih akan berlangsung hingga tanggal 9 Februari mendatang. Cuaca buruk itu berupa hujan, petir dan angin kencang, berpotensi melanda seluruh wilayah NTB.

Penjelasan Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi LIA, Kadek Setya Wati, kejadian ini dipicu adanya sirkulasi tertutup dari sel tekanan rendah di Utara Benua Australia, dengan tekanan 993 hPa. Kondisi ini menurutnya, menyebabkan wilayah NTB memiliki perbedaan tekanan yang cukup jauh dengan wilayah sekitar, sehingga memicu terjadinya angin kencang.

Dalam catatan pengamatan, dari kejadian ini berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. ‘’Hujan, petir dan angin kencang  terjadi di wilayah Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Besar dan wilayah sekitarnya,’’ jelas Kadek Seya Wati.

Sementara potensi angin kencang terjadi di wilayah Lombok Barat, Lombok Tengah,  Lombok Timur, Sumbawa Barat dan sekitarnya.

Dari kondisi cuaca diatas, tambah dia, secara meteorologis  perlu diwaspadai genangan air dan banjir di beberapa wilayah. Diantaranya, wilayah Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Besar dan wilayah sekitarnya.

Bahaya yang perlu diwaspadai menurutnya, seperti pohon tumbang, papan reklame roboh sesuai wilayah simpul cuaca buruk tadi. ‘’Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga 9 Februari 2017 mendatang,’’ sambungnya.

Di wilayah pesisir juga diimbau waspada. Nelayan maupun warga pesisir diingatkan untuk mewaspadai tingginya gelombang laut yang mencapai 3-4 meter. Nelayan yang akan melaut diminta berhati-hati terhadap potensi gelombang tinggi disertai angin kencang.

Imbauan tambahan disampaikan Kepala BPBD NTB, H. Muhammad Rum, agar masyarakat mengurangi  bepergian keluar rumah dalam kondisi cuaca buruk. Paling diwaspadai saat angin kencang adalah pohon tumbang.

Sementara data BPBD Kota Mataram menyebutkan, hingga kemarin siang sedikitnya tujuh pohon yang tumbang. Lokasinya terpantau di Jalan  Lingkar Selatan persis di depan SMKN 9 Mataram, kemudian  di depan Kantor Camat Cakranegara. Titik lainnya di depan Islamic Center (IC), termasuk di depan SDN 23 Mataram. Selain di sejumlah lokasi tadi, pendataan tim BPBD pohon tumbang juga di depan TK Internasional, di belakang Gedung Al-Ikhsan Ampenan, di depan Kantor Lurah Karang Pule dan di depan lapangan sepak bola Babakan.

Menurut Kepala Pelaksana  BPBD Kota Mataram, Dedi Supriyadi, upaya dilakukan timnya,  memotong batang dan ranting pohon, sehingga mudah dipindahkan. Batang pohon yang dipotong, kemudian diangkut ke kantornya. Setelah pembersihan lokasi pohon tumbang itu, arus lalulintas kembali normal.

‘’Saya mengimbau masyarakat Kota Mataram agar hati-hati saat berada di luar rumah.  Bagi anak-anak sekolah yang hendak menunggu jemputan, diimbau agar tidak berada di bawah pohon,’’ imbaunya. (ars)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.