Kompetisi Robot Internasional Digelar di Lombok

Mataram (Suara NTB) – Hari ini, Kamis (18/8/2016) merupakan pembukaan Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) tahun 2017. Dalam BBLS tahun ini juga akan diadakan kegiatan berskala internasional, yaitu Kompetisi Robot Internasional.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB H. L. Muh. Faozal, S.Sos, M.Si. Selain kompetisi robot internasional, juga akan dilakukan paragliding dan pacuan kuda di Kabupaten Sumbawa Barat.

Selain itu, BBLS juga akan menghadirkan komunitas-komunitas kesenian yang ada di NTB. Sehingga semua pihak turut terlibat dalam menyemarakkan BBLS tahun ini.
“Ada banyak event kebudayaan juga. Kita ingin ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu, kita berharap ini juga bisa mendatangkan lebih banyak wisatawan ke NTB,” ujarnya.

Selain dari 10 kabupaten/kota yang ada di NTB, BBLS juga akan dihadiri beberapa perwakilan negara. Hal ini juga akan dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata. Sehingga target untuk mendatangkan tiga juta wisatawan dapat tercapai. Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi wisatawan. Sebab hal itu juga berpengaruh terhadap kesan wisatawan saat datang berkunjung.

“Salah satu tujuan kita kan untuk promosi. Bagaimana caranya agar potensi wisata yang kita miliki ini bisa diminati oleh wisatawan. Yang akan merasakan manfaatnya juga masyarakat,” ujarnya.

Faozal berharap semua masayarakat dapat turut menyukseskan BBLS tahun ini. Sebab akan ada banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan. Sehingga event ini juga bisa mendatangkan keuntungan dalam bidang ekonomi bagi masyarakat. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tetap menjaga kondusifitas, demi kelancaran setiap event yang diselenggarakan.

Dalam BBLS, berbagai macam aktifitas budaya di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa akan disuguhkan. Kegiatan ini bertujuan untuk menghadirkan sejumlah kebudayaan asli yang dimiliki NTB. Selain itu juga bertujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk datang berkunjung.

Sebelumnya, Faozal mengatakan terdapat perbedaan BBLS tahun ini dengan tahun sebelumnya. Pasalnya pelibatan lebih banyak masyarakat diyakini dapat semakin menyemarakkan kegiatan tahunan Provinsi NTB ini. Terlebih dengan banyaknya kegiatan yang akan ditampilkan pada BBLS nantinya.

“Rencananya akan ada 10 event, kita ingin keterlibatan masyarakat lebih banyak. Ini juga yang membedakan BBLS sebelumnya dibandingkan tahun ini,” ujarnya. (lin)