Makna HUT Kemerdekaan RI, Perjuangan Melawan Kemiskinan

Mataram (suarantb.com) – Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI  ke-71 di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi. Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-71 dihadiri seluruh pejabat lingkup Pemprov NTB dan pimpinan instansi vertikal yang ada di daerah ini.

Dalam pidato sambutan dalam peringatan HUT RI ke 71, Gubernur mengingatkan  pentingnya mencontoh semangat juang para pahlawan demi kemajuan bangsa dan daerah NTB sendiri. Ia mengatakan  perjuangan bangsa Indonesia saat ini  tidak hanya memperjuangkan harkat dan martabat serta kemerdekaan di mata internasional.

Tetapi juga perjuangan menghadapi berbagai masalah di dalam negeri, seperti kemiskinan dan lain sebagainya. “Perjuangan belum usai, kemerdekaan bukanlah akhir, tetapi awal dari perjuangan yang lebih sulit. Masalah dari dalam negeri, melawan kemiskinan dan sebagainya,” katanya.

Gubernur mengajak kepada warga yang kini hidup di alam kemerdekaan sudah sepatutnya mengabadikan diri dengan bekerja nyata sesuai dengan peran masing-masing. Gubernur juga memuji sekaligus berterimakasih kepada seluruh komponen masyarakat NTB, dengan pesatnya peningkatan ekonomi NTB pada semester I  2016 dibanding dengan tahun sebelumnya.

Dikatakan, angka pertumbuhan ekonomi NTB pada pertengahan tahun ini mencapai 9,92 persen. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi NTB ini tertinggi di Indonesia dan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. “Indikator ini merupakan resultan dari berbagai keberhasilan pelaksanaan pembangunan yang kita laksanakan bersama sama sejak daerah NTB berdiri,” sebutnya.

Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini mengungkapkan rasa syukurnya dengan keberhasilan penyelenggaraan beberapa event  nasional yang diadakan di NTB.  Serta  berharap pada event nasional berikutnya akan terus seperti itu.

“Baru saja kita telah sukses menyelenggarakan MTQ Nasional ke-26 di Kota Mataram, setelah pada awal tahun ini Hari Pers Nasional juga terselenggara dengan baik. Berbagai pihak dari luar dan dalam negeri menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan event MTQ yang dinilai telah berjalan dengan sangat baik,” tambahnya

Atas nama Pemprov  NTB, TGB menyampaikan  ucapan terima kasih dan memberi spirit serta energi yang kuat untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang agamis, harmoni, dan damai. Itu semua menurutnya sebagai modal utama dalam menyelenggarakan perkhidmatan bersama menuju masyarakt NTB yang beriman, berbudaya, berdayasaing dan sejahtera. (ism)