NTB Tunggu Pembahasan Teknis

H. Ridwan Syah (Suara NTB/dok)

PEMPROV NTB menunggu pembahasan teknis yang akan dilaksanakan pekan ini terkait tambahan anggaran untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika. Pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika cukup mendesak dilakukan sebelum perhelatan MotoGP, 20 Maret 2022.

‘’Kita tunggu pembahasan teknis minggu depan (pekan ini, red),’’ kata Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. H. Ridwan Syah, M.M., M.Sc., M.T.P., dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 28 November 2021.

Iklan

Dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi kaitan dengan persiapan MotoGP 2022, masalah pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika menjadi salah satu yang dibahas. Pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika mendesak dilakukan karena menjadi catatan Dorna Sport.

Menindaklanjuti hasil rapat terbatas dengan Presiden, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., mempertemukan Kepala Dinas PUPR NTB dengan Wakil Menteri Keuangan di Jakarta. Turut hadir juga Direktur RSUD NTB, dr. H. Lalu Herman Mahaputra., M.Kes., M.H. RSUD NTB juga akan mendapatkan dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat untuk menyukseskan gelaran MotoGP 2022.

Untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika masih kekurangan anggaran. Pemprov NTB hanya memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik untuk penanganan jalan sepanjang 5,3 km tersebut sebesar Rp16 miliar tahun 2022. Untuk pembangunan jalan dua jalur dengan empat lajur dibutuhkan anggaran di atas Rp100 miliar.

Dinas PUPR NTB menghitung dengan anggaran sebesar Rp16 miliar, jalan depan Sirkuit Mandalika hanya bisa digunakan untuk melebarkan jalan tersebut menjadi 6 meter. Kemudian ditambah bahu jalan yang akan dibeton 2×1,5 meter.

Sehingga  fungsional jalan  menjadi menjadi 9 meter. Tahun 2022, total DAK Fisik Bidang Infrastruktur Jalan yang diperoleh Pemprov NTB sebesar Rp65 miliar. Termasuk DAK sebesar Rp16 miliar untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional