NTB Segera Proses Usulan Penerbitan NIP Guru PPPK Lulus Seleksi Tahap I

Syamsul Buhari (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan segera melakukan pemberkasan usulan penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP) Guru PPPK yang lulus seleksi tahap I. Pemerintah Pusat telah mengumumkan guru honorer yang lulus menjadi PPPK pada pekan kemarin.

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKD NTB, Drs. Syamsul Buhari, P.Si., M.Kes., mengatakan pengumuman guru honorer yang lulus menjadi PPPK telah keluar dari Pemerintah Pusat. Namun, pihaknya masih menghitung jumlah guru honorer yang lulus dan tidak lulus menjadi guru PPPK.

Iklan

“Kalau nama-nama mereka yang lulus, berkasnya sudah ada. Tinggal berkas-berkas yang kurang saja nanti dilengkapi. Ada kelengkapan yang harus disiapkan untuk pemberkasan Guru PPPK,” kata Syamsul dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 10 Oktober 2021.

Pemberkasan terhadap Guru PPPK ditargetkan sudah tuntas. Artinya, mereka yang lulus ditargetkan sudah mengantongi SK pada Desember mendatang.

“Sehingga 1 Januari 2022, mereka sudah bekerja. Karena PPK ini tiga tahap. Yang lulus seleksi kemarin langsung kita usulkan penerbitan NIP PPPK,” jelasnya.

Ia mengatakan seleksi Guru PPPK tahun ini dilakukan sebanyak tiga tahap. Bagi yang tidak lulus pada seleksi tahap I, maka bisa mengikuti tahap II. Guru honorer yang tidak lulus tahap II masih diberikan kesempatan pada tahap III.

“Ada tiga kali pengusulan penerbitan NIP PPPK  tanpa menunggu hasil yang terakhir. Setiap tahap yang lulus langsung dilakukan pemberkasan. Tapi diharapkan mulai bekerja terhitung 1 Januari 2022,” terangnya.

Seleksi kompetensi Guru PPPK tahap I telah dilaksanakan mulai Senin, 13 September hinga 17 September lalu. Data Dinas Dikbud NTB, jumlah peserta seleksi kompetensi Guru PPPK sebanyak 24.861 orang. Dengan jumlah lokasi ujian sebanyak 44 lokasi. Jumlah ruang ujian sebanyak 131 ruang dengan jumlah komputer 3.400 unit.

Di Kota Mataram, lokasi pelaksanaan seleksi kompetensi Guru PPPK bertempat di SMAN 1 Mataram dan SMKN 3 Mataram. Kemudian di Lombok Barat, bertempat di SMAN 1 Gerung, SMAN 1 Narmada dan SMKN 2 Kuripan.

Selanjutnya di Lombok Utara bertempat di SMAN 1 Tanjung dan SMKN 1 Tanjung. Sedangkan di Lombok Tengah bertempat di SMA 1 Praya, SMAN 4 Praya, SMKN 1 Praya, SMKN 1 Praya Tengah dan SMKN 2 Praya Tengah.

Di Lombok Timur, seleksi kompetensi Guru PPPK bertempat di SMAN 1 Selong, SMKN 1 Pringgabaya, SMKN 1 Sakra, SMKN 1 Selong, SMKN 2 Selong, dan SMKN 3 Selong. Kemudian, Sumbawa Barat bertempat di SMKN 1 Taliwang dan SMAN 1 Taliwang.

Selanjutnya Sumbawa bertempat di SMAN 1 Sumbawa Besar, SMAN 2 Sumbawa Besar, SMKN 3 Sumbawa Besar, SMKN 1 Sumbawa Besar. Di Dompu, seleksi kompetensi Guru PPPK bertempat di SMAN 1 Dompu, SMAN 1 Woja dan SMKN 1 Dompu.

Sedangkan di Kabupaten Bima, seleksi kompetensi Guru PPPK dilaksanakan di SMA KAE Woha, SMAN 1 Belo, SMAN 1 Bolo, SMAN 1 Donggo, SMAN 1 Woha, SMAN 2. Woha, SMKN 1 Donggo, SMKN 1 Lambu, SMAN 2 Wawo, SMKN 1 Wera, dan SMKN 1 Woha. Sementara di Kota Bima, bertempat di SMKN 1 Kota Bima, SMAN 1 Kota Bima, SMAN 3 Kota Bima, SMKN 2 Kota Bima dan SMKN 3 Kota Bima.

Jumlah formasi Guru PPPK untuk NTB tahun 2021 sebanyak 12.218 formasi. Dengan rincian, Pemprov NTB 4.443 formasi, Kota Mataram 738 formasi, Lombok Barat 1.754 formasi, Lombok Tengah 1.886 formasi, Lombok Timur 264 formasi, dan Lombok Utara 284 formasi. Selanjutnya, Sumbawa Barat 337 formasi, Sumbawa 1.613 formasi, Dompu 630 formasi, Bima 90 formasi dan Kota Bima 181 formasi. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional