NTB Mulai Diguyur Hujan Kecuali Bima dan Lotim

Mataram (suarantb.com) – Seluruh wilayah di NTB diperkirakan akan mulai memasuki musim hujan mulai November ini. Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Lombok Barat, Luhur Tri Uji Prayitno dalam rilis yang diterima suarantb.com menyampaikan sebagian besar wilayah NTB akan mulai diguyur hujan, kecuali Bima dan Lombok Timur (Lotim).

“Peluang curah hujan pada dasarian I November 2017, curah hujan > 20 mm dengan peluang sebesar 50 – 80 persen di sebagian besar wilayah NTB kecuali Bima bagian timur dan Lombok Timur,” jelasnya, Rabu, 1 November 2017.

Iklan

Berbeda dengan wilayah lainnya di NTB, dua wilayah ini diketahui masih memiliki potensi kekeringan. Dimana hujan berturut-turut diperkirakan tidak turun dalam kurun waktu lebih dari 30 hari, yaitu di Kecamatan Sape, Bima : 197 hari, Wawo, Bima: 126 hari, Labuhan Pandan, Lombok Timur : 177 hari dan Kecamatan Sambelia, Lombok Timur : 115 hari.

Sementara itu, untuk wilayah NTB yang akan memasuki musim hujan, terpantau curah hujan dengan kategori menengah hingga tinggi di Pulau Lombok, khususnya bagian barat. Sementara itu curah hujan di Pulau Sumbawa terpantau masih rendah, kecuali di Sumbawa Barat, Sumbawa bagian Barat, dan Dompu.

Dengan masuknya musim penghujan di beberapa wilayah NTB, dapat dikatakan sudah mulai adanya masa peralihan antara musim kemarau menuju musim hujan. “Hal ini ditandai dengan hujan lebat yang berlangsung dalam skala lokal. Perlu diperhatikan hujan lebat yang terjadi secara tiba-tiba, yang disertai petir/guntur yang dapat berdampak genangan air di sebagian Lombok dan Sumbawa bagian Barat,” tambahnya. (ros)