NTB Merah Putih Dilaksanakan Serentak di Seluruh Wilayah NTB

Mataram (suarantb.com) – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 dan untuk melengkapi program pemerintah, secara serentak dilaksanakan kegiatan NTB Merah Putih di seluruh wilayah NTB. Kegiatan NTB Merah Putih di wilayah NTB sudah dilaksanakan sejak tanggal 1 Agustus 2016.

Beragam kegiatan telah dilaksanakan, mulai dari ceramah wawasan kebangsaan dan memberikan latihan PBB kepada anak-anak sekolah dari tingkat SD sampai dengan perguruan tinggi, untuk itu pada hari Senin, 15 Agustus 2016, kegiatan NTB merah Putih Diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah yang ada di NTB, tidak terkecuali di wilayah Gili dan pulau-pulau kecil lainnya yang ada di wilayah NTB.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Danrem 162/WB, Kolonel Inf Farid Makruf, M.A bersama seluruh Dandim jajaran korem 162/WB di wilayah masing-masing, serta seluruh Kepala Dinas Jawatan dikerahkan untuk  melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan dalam rangka NTB Merah Putih.

Kegiatan ini digelar dengan melibatkan seluruh SMA dan SMP di NTB serta santri yang ada di Ponpes Qomarul Huda Bagu di Kabupaten Loteng. Kegiatan di Ponpes Bagu diawali dengan upacara bendera dan diikuti oleh siswa Madrasah Alyah, SMK, MTs dan siswa MA serta para pengurus. Upacara ini berjalan dengan tertib dan lancar.

FOTO-2---2

Sejumlah pelajar mengibarkan bendera dalam upacara yang merupakan bagian dari rangkai kegiatan NTB Merah Putih yang digelar serentak di seluruh wilayah NTB.

Selaku Inspektur Upacara yaitu Danrem 162/WB Kolonel Inf Farid Makruf M.A. Danrem 162/WB menyampaikan kepada seluruh peserta upacara agar selalu menjaga keutuhan NKRI. Setelah kegiatan upacara bendera, para Santri kemudian mendapatkan ceramah wawasan kebangsaan yang disampaikan langsung oleh Danrem 162/WB.

Dalam kesempatan tersebut para guru, siswa dan santri serta pengurus menyambut antusias kegiatan ceramah wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Danrem 162/WB dan para Dandim. Guru Madrasah Aliyah di Ponpes Qumarul Huda, Lalu Tamim Ali Akso bersama guru-guru SMA/SMP mengucapkan terimakasih kepada Danrem 162/WB dan Dandim yang telah turun langsung dan memberikan ceramah wawasan kebangsaan kepada para santri. Mereka berharap, kegiatan ini akan lebih meningkatkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air para siswa/santri yang merupakan generasi penerus.

Hal yang sama juga disampaikan oleh salah seorang santriwati, Baiq Nurani Khairil Hamdalah. Ia mengatakan, pembekalan wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Danrem 162/WB, sangat bermanfaat khususnya bagi kami para pemuda/pemudi. “Sehingga kami lebih mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Selain itu kegiatan ini juga menjadi motivasi bagi kami agar kami bisa menghargai jasa para pahlawan. Dan dengan demikian, kami sebagai generasi penerus harus melanjutkan perjuangan para pahlawan dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang positif dan prestasi yang membanggakan. Sehingga, Negara kita akan menjadi lebih maju. Dan keutuhan NKRI harus menjadi prioritas utama bagi kita semua warga Negara Indonesia,” pungkasnya. (r/*)