NTB Kirim Anak Muda, Polandia Jajaki Peluang Investasi

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah berbincang dengan investor asal Polandia yang berkunjung ke NTB. (Suara NTB/humasntb)

Mataram (Suara NTB) – Sejak pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc – Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, NTB membuka kerjasama dengan Polandia. Belasan anak muda NTB dikirim belajar ke Polandia.

Gayung bersambut, akhir pekan kemarin sejumlah investor asal Polandia berkunjung ke NTB. Mereka menjajaki peluang investasi bidang infrastruktur, listrik dan sumber daya mineral.

Iklan

Kepastian kerjasama tersebut disampaikan Advisor to Chairman of the Sefako Board, Polandia Anna Wiosna saat jamuan makan malam  bersama Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dan istri, Hj. Niken Saptarini Widyawati  Zulkieflimansyah di Pendopo Gubernur, Sabtu, 27 Oktober 2018. Di sela-sela jamuan makan, Anna Wiosna mengungkapkan akan berinvestasi di NTB.

Hanya saja, diperlukan sejumlah langkah untuk merealisasikan rencana tersebut. Seperti melakukan feasibility study, analisis lingkungan dan pemenuhan dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan untuk investasi tersebut.

‘’Butuh waktu kurang lebih setahun untuk mempersiapkan program ini,’’ katanya.

Ia juga menjelaskan alasan memilih  NTB sebagai lokasi untuk berinvestasi. Menurutnya, NTB  di samping memiliki keindahan alam yang memesona. Juga memiliki wilayah ekonomi khusus, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Kedatangannya ke NTB tersebut untuk meninjau dan memastikan daerah-daerah strategis untuk berinvestasi. ‘’Kami bisa berinvestasi bidang listrik, mineral, energi atau gas. Tergantung kebutuhan di sini,’’ ujarnya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut baik rencana para investor Polandia tersebut. Ia menjelaskan, setelah pengiriman mahasiswa asal NTB ke Polandia baru-baru ini, akan ada kerjasama di sejumlah bidang dengan NTB.

Gubernur berharap para investor tersebut dapat berkunjung dan meninjau sejumlah kawasan di NTB yang memuaskan untuk kerjasama. Ia mempersilakan para investor dari negara jantung Eropa tersebut menikmati keindahan Lombok dan Sumbawa.

Sebelumnya, sebanyak 13 mahasiswa NTB dilepas belajar ke Polandia oleh Gubernur yang diwakili Kepala Dinas Dikbud NTB, Drs. H. Muh. Suruji di Lombok International Airport (LIA), Sabtu, 27 Oktober 2018. 13 mahasiswa asal NTB ini akan melanjutkan studi jenjang S2 di Vistula Group of Universities, Polandia. Sebelumnya, lebih dulu diberangkatkan sebanyak lima mahasiswa asal NTB ke  Collegium Civitas Polandia.

Saat melepas 13 mahasiswa NTB belajar ke Polandia tersebut, Suruji menjelaskan rencana gubernur mengirimkan pemuda NTB ke luar negeri merupakan ide besar. Tentunya ke depan akan berkontribusi bagi bangsa dan daerah.

‘’Kalian adalah duta NTB, sehingga semoga ketika selama dan selesai studi nanti dapat membangun NTB, baik dari dalam maupun dari luar NTB,’’ kata Suruji.

Ia juga menjelaskan program unggulan  Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Zul – Rohmi  ini mulai menjadi perhatian publik NTB dan Indonesia.

Ia mengharapdakan anak-anak muda NTB itu menjadi duta daerah yang menggebrak dunia. ‘’Sampaikan salam bahwa NTB siap berkompetisi dan menjadi pemenang,’’ katanya  memberi semangat. (nas)