NTB Kirim 25 Ton Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah melepas pengiriman bantuan sebanyak 25 ton untuk korban gempa Sulbar di Halaman Kantor Gubernur, Kamis, 25 Februari 2021. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Jejaring Kemanusian (Jejak) NTB berhasil mengumpulkan 25 ton bantuan untuk korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar). Penyaluran bantuan tersebut dilepas langsung Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., bersama Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Kapolda NTB, Irjen Pol. M. Iqbal, Kepala Dinas Sosial NTB, H. Ahsanul Khalik, S.Sos., M.H., dan Ketua Jejak NTB sekaligus Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) NTB, Juaini Pratama di Halaman Kantor Gubernur, Kamis, 25 Februari 2021.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M. Sc., yang dikonfirmasi mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepekaan dan kebersamaan masyarakat NTB terhadap masyarakat Sulbar yang terkena bencana gempa bumi, 14 – 15 Januari lalu. Karena pada waktu NTB dilanda bencana gempa bumi pada 2018, masyarakat Sulawesi juga memberikan bantuan untuk korban gempa di daerah ini.

Iklan

‘’Jangan lihat dari seberapa banyak, atau seberapa besar sumbangan yang diberikan. Tapi rasa kebersamaan dan kepekaan masyarakat NTB,’’ kata Gubernur.

Gubernur berharap bantuan sebanyak 25 ton berupa beras dan kebutuhan pokok lainnya tersebut bisa segera sampai ke Sulbar. Dan berharap, Sulbar pulih kembali seperti sediakala.

Selain sumbangan dari masyarakat NTB. Pemprov, kata Gubernur juga akan memberikan bantuan untuk masyarakat korban gempa di Sulbar.

Ketua Jejak NTB yang juga Kepala Cabang ACT NTB, Juaini Pratama menyebutkan, bantuan sebanyak 25 ton tersebut berhasil dikumpulkan bersama masyarakat dan komunitas. Ia menyebut lebih dari 200 komunitas yang terlibat dalam penggalangan bantuan untuk korban gempa Sulbar di NTB.

‘’Semua bantuan itu swadaya masyarakat semua. Kita kumpulkan jadi satu di ACT. Kita punya gudang di Ampenan dan Pagesangan,’’ terangnya.

Juaini menyebutkan, 25 ton bantuan tersebut berupa 15 ton beras. Sisanya, berupa minyak goreng, air mineral, makanan bayi dan kebutuhan perempuan pada saat bencana.

Kepala Dinas Sosial (Disos) NTB, H. Ahsanul Khalik, S.Sos., M.H., mengatakan pihaknya bersama Jejak NTB mengumpulkan dana untuk dikirim ke lokasi bencana di Sulbar. Khalik menyebutkan, saat ini dana yang terkumpul di rekening Jejak NTB sudah mencapai Rp75 juta.

“Dan kemarin saya sudah buatkan rekomendasi untuk bisa menggali dana dari masyarakat, BUMN dan BUMD,” katanya.

Untuk bantuan yang berasal dari Pemprov NTB, akan dikomunikasikan dengan Sekda NTB. Apakah bantuan dari Pemda akan digabung dengan bantuan yang berhasil dikumpulkan oleh Jejak NTB. “Arahan pak Gubernur, membawa entitas NTB menjadi satu ke daerah-daerah bencana,” terangnya. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional