NTB Expo 2021 Gandeng Bank BRI, Gencarkan Transaksi Nontunai di WSBK Mandalika

Foto bersama usai pembukaan Pameran NTB Expo 2021 di Area Parkir Utama WSBK Mandalika. Dari kiri-Kanan I Made Jaya Indrawan (Kepala Bagian Small and Ritel Acquiring Divisi Retail Payment BRI), Lusiana (Kepala Bagian Pengembangan Kapasitas Usaha PNM), I.G.A Ratih Martini (Pimpinan BNI Mataram), Hanung Harimba Rachman (Deputi bidang usaha kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM), Hj. Sitti Rahmi Djalilah (Wakil Gubernur NTB), Valery Kolesnik (Duta Besar Republik Belarus), Chairul Umaiya (Direktur Utama PT. Solindo Duta Praga), Aliaksel Lachymau (Counsellor Kedutaan Republik Belarus) dan Ahmad Masyhuri (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB). (suarantb.com/ist)

Praya (suarantb.com) -Penyelenggaran World Superbike Championship (WSBK) Mandalika 2021 resmi dimulai 19 November 2021. Gelaran balap motor dunia ini diharapkan tak hanya meningkatkan sektor pariwisata yang lesu karena hantaman pandemi Covid-19, namun juga menjadi momentum membangkitkan kembali perekonomian Indonesia maupun Nusa Tenggara Barat.

Upaya itu dilakukan dengan menggelar NTB Expo 2021. Dalam even tahunan ini, sebanyak 330 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ini turut meramaikan Even tahunan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi NTB bersama PT Solindo Duta Convex, dengan dukungan sejumlah sponsor.

Iklan

Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah ini diharapkan mampu mempromosikan produk-produk UMKM lokal di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang turut mempengaruhi pendapatan para pelaku UMKM. Dari total 300 UMKM yang menjadi peserta, sebanyak 220 UMKM merupakan binaan dari 9 wilayah Kabupaten dan kota di NTB, sedangkan 120 UMKM lainnya berasal dari wilayah Lombok Tengah.

Dalam sambutannya, Rohmi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak-pihak yang telah menjadi sponsor penyelenggaraan acara tersebut. Menurutnya, keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang menjadi lokasi WSBK 2021 dan NTB Expo kali ini harus harus dioptimalkan sebagai akselerasi bagi perekonomian, selain menangkap peluang peningkatan pariwisata ke wilayah tersebut.
Dia berharap, ajang pameran yang melibatkan UMKM dan para pengusaha kecil lainnya dapat digelar secara berkelanjutan di tiap even yang berlangsung di Sirkuit Mandalika.

Rohmi juga meminta agar para pelaku UMKM dapat meninggalkan kesan yang baik bagi para wistawan baik lokal maupun mancanegara dengan menjajakan produk berkualitas dan mempunyai nilai jual tinggi. “Tidak lupa saya ajak wisatawan dan penonton WSBK, mari mencoba produk-produk UMKM di NTB Expo 2021,” seru Rohmi.

Penyelenggaraan NTB Expo 2021 juga sekaligus menjadi upaya pemerintah NTB menggencarkan transaksi pembayaran nontunai di masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Provinsi NTB menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI), yang selama ini aktif melakukan pembinaan dan memberi berbagai kemudahan kepada para pelaku UMKM.

Adapun bagi konsumen yang ingin bertransaksi, BRI memfasilitasi dengan sistem pembayaran cashless yakni melalui EDC & QRIS kepada tenant UMKM peserta NTB expo. Dalam pameran itu, BRI juga memberikan program-program menarik seperti pemberian gift cantik bagi UMKM yang mendukung cashless payment, diskon potongan harga bagi pengguna kartu BRI serta reward untuk UMKM dengan nilai penjualan tertinggi.

Hal ini sebagai dukungan dari BRI agar roda perekonomian UMKM di Lombok dapat terus berjalan dengan cepat. Dengan adanya support penuh dari BRI, diharapkan nasabah BRI dan juga mitra BRI dapat terus terlayani dan mendapatkan banyak keuntungan mulai dari mudahnya bertransaksi hingga banyaknya promo yang ada.
Dalam kegiatan itu, BRI juga berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanannya, sehingga inklusi keuangan di Indonesia dapat terus meningkat dengan menggunakan sarana transaksi praktis, aman dan efektif bagi para pedagang ataupun customer. Selain menggencarkan transaksi nontunai, NTB Expo 2021 tetap digelar dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Bertempat di Arena Parkir Utama Sirkuit Mandalika, NTB Expo menghadirkan rangkaian kegiatan menarik di antaranya pameran produk unggulan NTB, perdagangan dan industri kreatif, penampilan kesenian budaya daerah, aneka hiburan, serta festival kopi dan kuliner Lombok. Acara ini dapat dihadiri secara gratis oleh seluruh masyarakat dan wisatawan yang memiliki tiket WSBK 2021.(bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional