NTB Duduki Peringkat 23 Klasemen Sementara PON XX/2021

Empat atlet Panjat Tebing NTB yang meraih medali emas di nomor boulder beregu putri, PON XX, Mimika Papua, Kamis, 30 September 2021, menerima  pengalungan medali emas, Senin, 4 Oktober 2021. Keempat atlet Panjat Tebing NTB itu adalah, Nurul Iqamah (Kota Bima), Ayu Fatullah (Kota Bima), Anggun Yolanda (Lombok Tengah) dan Ade Irma Suryani (Kota Mataram).(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Hingga, Senin, 4 Oktober 2021, kontingen NTB baru meraih satu medali emas dan satu perunggu di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, 2-15 Oktober 2021. Hasil ini menempatkan NTB di peringkat 23 sementara  dari 33 provisi peserta PON XX/2021.

Sementara di peringkat satu masih ditempati oleh DKI Jakarta, dengan meraih 37 emas 24 perak  dan 29 perunggu. Selanjutnya peringkat kedua diraih tuan rumah Papua 32 emas, 15 perak dan 31 perunggu. Sementara  peringkat ketiga Jawa Barat (Jabar) dengan meraih 28 emas, 26 perak dan 34 perunggu.

Iklan

Kontingen NTB belum bisa menambah medali emas hingga kemarin, pasalnya  Ayu Fathullah yang  turun di final lead putri hanya mampu menempati peringkat lima besar nasional. Sementara tim lead putra, Azhar Wan Akbar, Joni Kasria yang turun di babak semifinal  terlempar diposisi 17 dan 18 nasional.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya NTB menduduki peringkat 11 besar nasional dalam perolehan medali sementara, Jumat, 1 Oktober 2021. Namun posisi NTB menurun ke peringkat ke 23 besar karena belum berhasil menambah medali emas.

Menurunnya posisi perolehan medali NTB di event ini dikarenakan atlet dari cabor unggulan NTB belum ada yang final. Seperti voli pasir, atletik, tinju, tarung derajat, karate, menembak masih mengikuti pertandingan.

Ketua Kontingen PON NTB, H. Mori Hanafi mengatakan bahwa kontingen NTB masih berpeluang meriah medali emas. Pasalnya sejumlah cabang olahraga unggulan NTB masih akan menjalani pertandingan, dan dipastikan mulai, Selasa, 5 Oktober 2021 hari ini dipastikan akan ada penambahan medali dari panjat tebing. Pasalnya atlet unggulan NTB, Nurul Iqamah akan bertarung di babak final boulder perorang putri.

“InsyaAllah NTB masih akan meraih medali emas, khususnya di atletik, tinju, voli pasir, panjat tebing, tarung derajat dan cabor lainnya diharapkan dapat meraih medali emas,” harapnya.

Sementara itu, cabor unggulan NTB muay thai gagal meraih target satu emas, sedangkan atlet taekwondo, Devina Yusviantara juga harus angkat koper mengikuti atlet muay thai, Ardiansyah. Pasalnya atlet taekwondo putri NTB,  kalah 8- 13 dari unggulan Jawa Tengah (Jateng),  Dian Putri di babak penyisihan.

“Atlet kita kalah  8- 13 dari unggulan Jawa tengah”ucap pelatih taekwondo NTB,” ucap Kusmayadi Syarifuddin. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional