NTB Dapat Bantuan 1.500 Bibit Kelapa Hibrida Genjah

Husnul Fauzi (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pertanian memberikan bantuan 1.500 bibit kelapa hibrida genjah, atau disebut kelapa cebol untuk pengembangan kelapa di provinsi ini. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Ir. H. Husnul Fauzi, M. Si mengatakan, turunnya bantuan ini karena permintaan kuat NTB harus mendapat alokasi.

“Tadinya hanya Bali yang dapat, tapi ndak bisa. Ndak adil dong, akhirnya kita diberikan sebanyak 1.500an bibit,” katanya ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 18 Agustus 2020. Calon Petani Calon Lahan (CPCL) sudah siap, di Lombok Utara dan Lombok Timur kata kepala dinas. Dalam sebuah literasi dijelaskan, Kelapa hibrida  genjah merupakan jenis kelapa unggul yang karakter tanamannya cebol alias pendek. Bahkan kadang disebut dengan kelapa mini karena tingginya sekitar 3 – 4 meter.

Iklan

Kelapa yang satu ini lebih cepat berbuah dibandingkan kelapa lokal. Itulah mengapa bibit kelapa genjah entok kini mulai diburu untuk ditanam di lahan perkebunan maupun di pekarangan rumah. Kelapa yang satu ini banyak dibudidayakan di daerah Yogyakarta. Peluang bisnis dari kelapa genjah entok juga sangat menggiurkan karena produktivitasnya yang tinggi mencapai 140 butir/pohon/tahun pada usia dewasa.

Bentuk dari kelapa genjah sekilas mirip dengan jenis kelapa hijau lainnya. Namun, kelapa yang satu ini memiliki daging buah yang lebih lembut dan air cukup banyak. Untuk pohonnya sendiri juga tidak berbeda dengan kelapa hijau jenis lain. Yang membedakannya adalah postur batangnya yang pendek namun kokoh. Bentuk batangnya cenderung sama besar mulai dari pangkal hingga ujungnya.

Kelapa ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian 0-450 mdpl dengan memiliki curah hujan sekitar 1300-2300 mm/tahun serta memiliki suhu ideal sekitar 20°C-27°C. Jenis tanah yang baik untuk menanam kelapa hibrida adalah jenis tanah vulkanik, berpasir, tanah liat, tanah berbatu, dan aluvial dengan derajat keasaman atau pH tanah sekitar 5 hingga 8. “Jenis kelapa ini juga bisa ditanam di pot,” demikian Husnul. (bul)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional