NTB Berpotensi Jadi Pusat Wisata Menyelam

Mataram (Suara NTB) – Provinsi NTB memiliki banyak pantai yang dapat dikunjungi. Tidak saja dapat menikmati keindahan panoramanya, wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan menyelam. Karena banyaknya spot menyelam yang indah, NTB berpotensi menjadi pusat destinasi wisata menyelam di Indonesia.

Tidak hanya pantai di Lombok, pantai-pantai di Sumbawa juga banyak yang bagus. Wisatawan dapat menyelam sepuasnya, tentu saja dengan kelengkapan alat menyelam. Banyak penyewaan alat menyelam di berbagai pantai atau spot menyelam yang ada di NTB.

Iklan

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Drs. M. Ispan Junaidi, S.Pd., M.Ed mengatakan bahwa  di Sekotong banyak sekali spot menyelam yang indah. Wisatawan dapat menikmati keindahan bawah laut yang ada di berbagai gili di Sekotong.

“Kita punya banyak destinasi yang bisa dijadikan sebagai tempat menyelam bagi wisatawan,” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan pelaku pariwisata asal Lombok Barat, Zainuddin. Ia mengatakan bahwa spot menyelam terbaik tidak hanya di Lombok Barat namun juga di beberapa destinasi wisata di Lombok. Ia melihat sudah sangat cocok jika Lombok dijadikan sebagai pusat menyelam. Karena bawah lautnya yang indah dan masih terjaga keasriannya.

“Di Lombok Utara, Lombok Timur bahkan Lombok Tengah juga banyak spot menyelam yang bagus. Di Lombok Timur misalnya di Gili Bidara, di Lombok Utara misalnya di kawasan tiga gili. Masih banyak lagi spot menyelam yang bagus,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H.L. Moh Faozal, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemetaan spot menyelam yang bagus di NTB. Sehingga para pelaku pariwisata bisa membuat paket wisata menyelam bagi wisatawan pecinta minat khusus. Hal ini dianggap penting, karena NTB memiliki banyak spot menyelam yang bagus dan tidak kalah dari daerah atau destinasi lain di Indonesia.

“Segera akan kita petakan. Karena kita punya banyak spot menyelam yang indah. Harapan kita tentu saja ini bisa menjadi referensi para pelaku pariwisata untuk membuat paket wisata menyelam,” ujarnya. (lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here