November 2021, Sirkuit Mandalika Dijadwalkan Gelar WSBK

Foto udara sirkuit MotoGP Mandalika (Suara NTB/ITDC)

Praya (Suara NTB) – Sirkuit MotoGP Mandalika yang saat ini tengah dalam proses pengerjaan, dipastikan bakal mengelar World Super Bike (WorldSBK) tahun 2021 mendatang. Menyusul telah dirilisnya kalender event balap motor paling bergengsi didunia selain MotoGP tersebut oleh FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) dan DWO (DORNA WorldSBK Organization) selaku pemenang hak penyelenggara, pada Senin, 30 November 2020.

Sesuai Provisional Calender Balap WorldSBK 2021 yang diumumkan FIM dan DWO tersebut, balapan di sirkuit Mandalika bakal digelar pada tanggal 14 November 2021 mendatang. Dimana total ada 13 sirkuit dari berbagai negara yang bakal mengelar event balap motor kelas dunia tersebut. “Sirkuit Mandalika Indonesia termasuk salah satu diantaranya,” ungkap Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dalam keterangan yang diterima kepada Suara NTB, Selasa, 1 Desember 2020.

Pihaknya pun menyambut baik kepastian sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah balap motor kategori super bike tersebut. Karena itu bisa menjadi pelecut semangat bagi pihaknya untuk terus berupaya keras menyelesaikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika. Karena bisa tidaknya event akbar tersebut diselenggarakan, tergantung dari kesiapan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika itu sendiri.

Secara bertahap saat ini sirkuit MotoGP Mandalika tengah dalam proses homologasi. Hingga pertengahan tahun 2021 mendatang. “Kami optimis sirkuit dan homologasi dapat diselesaikan di pertengahan tahun 2021,” kata Ricky.

Happy Harinto, Chief Strategic & Communication MGPA menambahkan, event WorldSBK merupakan event balapan yang juga diselenggarakan oleh Dorna, selain MotoGP. Event WorldSBK sendiri saat ini sedang naik daun. Terbukti, dari sisi penonton, tim peserta hingga sirkuit penyelenggara WorldSBK terus bertambah.

WorldSBK jelas Happy, merupakan ajang balapan yang menggunakan sepeda motor komersial non-pabrikan. Tapi tidak kalah seru dengan dengan balap MotoGP yang menggunakan motor khusus oleh pabrikan. Di mana Sirkuit Mandalika juga masuk sebagai salah satu sirkuit cadangan untuk balap motor kelas premiun tersebut.

‘’Dorna Sport sendiri telah memberikan kontrak penyelenggaraan untuk kedua balap motor tersebut kepada MGPA, MotoGP dan WorldSBK,’’ terangnya.

Dengan kehadiran WorldSBK di Indonesia tepatnya di Sirkuit Mandalika tersebut bakal kian menambahkan semarak dunia balap motor kelas dunia di Indonesia. Sekaligus bisa menjadi tambahan atraksi balap motor kelas dunia yang bisa dinikmati oleh bagi para pecinta balap motor Indonesia.

Sementara itu, dikutip dari situs resmi MGPA, proses pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika masih terus berjalan. Sejak pekan kemarin, MGPA bersama dengan PT. PP tengah melakukan Aspalt Pavement Trial Seit (APTS) atau uji kepadatan aspal pada service road sepanjang 150 meter di area Sirkuit Mandalika.

APTS sendiri nantinya tidak hanya di service road saja, tetap juga di track lane dan run off aspalt. Proses uji coba sendiri diawasi langsung oleh MRK1 selaku konsultan desain sirkuit MotoGP Mandalika secara online.

‘’Mari kita dukunga penuh ITDC maupun MGPA. Supaya bisa menuntaskan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika. Kita harus optimis proyek ini bisa selesai tepat waktu,’’ tegas Bupati Loteng, H.M. Suhaili FT, belum lama ini. (kir)