Normalisasi Danau Lebo Libatkan Dua Kementerian

Taliwang (Suara NTB) – Komitmen Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (Kemenhut LH), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk menormalisasi danau Lebo Taliwang akan mulai direalisasikan.

Sebagai langkah awal, ketiga pihak pada 14 September mendatang akan menandatangani pakta kerja sama dimulainya kegiatan bersama dukungan para pihak dalam pelaksanaan normalisasi danau Lebo Taliwang. “Memang ada perubahan jadwal untuk penandatanganan kerja samanya. Tapi komitmen ketiga pihak sudah final, sepakat bersama-sama memulai normalisasi Lebo tahun ini juga,” tegas Wakil Bupati (Wabup) KSB, Fud Syaifuddin, ST kepada wartawan, Senin, 5 September 2016.

Iklan

Wabup menjelaskan, pada penandatanganan pakta kerja sama nantinya, kedua kementerian akan diwakili masing-masing Satker (satuan kerja) di bawahnya. Di mana Kemenhut LH diwakili Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB dan Balai Wilayah Sungai (BWS) NTB mewakili Kementerian PUPR dan Pemda KSB sendiri. “Penandatanganannya akan dilaksanakan di kantor Kemenhut dan disaksikan kementerian masing-masing,” paparnya.

Meski pakta kerja sama baru akan ditandatangani, ketiga pihak sebelumnya sudah menyepakati berbagai hal. Dari hasil koordinasi Pemda KSB, kedua kementerian saat ini sudah menyampaikan komitmennya dan bahkan telah menyiapkan anggaran kegiatan untuk dilaksanakan mulai tahun ini juga.

“Saya dapat info kemarin BWS ada sosialisasi di Sumbawa dan menyampaikan bahwa tahun ini kegiatan pembersihan akan dilakukan di Lebo. Dan untuk tahap awal, mereka intervensi seluas 200 hektar dulu,” timpalnya seraya menambahkan bahwa Kementerian PUPR akan memberikan bantuan satu unit eskavator kepada Pemda KSB kaitannya dengan kegiatan normalisasi danau Lebo.

“Normalisasi Lebo ini tujuannya untuk memudahkan masyarakat yang selama ini menggantungkan hidupnya dari danau. Makanya setelah selesai, kami akan mulai susur kementerian yang punya tugas untuk memanfaatkan danau itu demi kesejahteraan masyarakat kita,” pungkasnya. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here