Nilai Tertinggi 474, BKD NTB Perkirakan 600 Pelamar CPNS Gugur akibat Tak Hadiri Tes SKD

Peserta seleksi CPNS Pemprov NTB yang memperoleh nilai tertinggi sebesar 474 foto bersama dengan Panitia Seleksi Daerah (Panselda) CPNS Pemprov NTB. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB memperkirakan sekitar 500 – 600 pelamar CPNS Gugur akibat tidak menghadiri tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Sampai pelaksanaan tes SKD hari kedepalan, sebanyak 234 pelamar CPNS Pemprov NTB yang langsung dinyatakan gugur akibat tak menghadiri tes SKD.

‘’Kalau saya melihat paling 500 – 600 orang yang tidak hadir tes SKD sampai hari terakhir,’’ ujar Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKD NTB, Drs. Syamsul Buhari, P.Si., M.Kes., dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 1 Oktober 2021.

Iklan

Dari 7.843 peserta SKD CPNS Pemprov NTB, kata Syamsul, diperkirakan pelamar yang tidak hadir mengikuti tes di bawah 10 persen. Menurutnya, hal itu wajar dalam pelaksanaan seleksi.

Namun, ia menegaskan peserta yang tidak hadir, mereka sendiri yang mengalami kerugian besar. Karena sudah diberikan kesempatan mengikuti seleksi, tetapi tidak memanfaatkan kesempatan yang diberikan.

Akibat tidak hadir tes SKD, maka mereka secara otomatis langsung gugur. ‘’Itu kerugian bagi mereka. Kalau kita ndak rugi,’’ jelasnya.

Pelaksanaan tes SKD CPNS Pemprov NTB dilaksanakan mulai 23 September sampai 19 Oktober mendatang. Sampai hari kedelapan, sebanyak 234 pelamar yang tidak menghadiri tes SKD tanpa keterangan.

Dari 2.398 peserta SKD, sebanyak 2.164 orang yang hadir. Sisanya, 234 orang tidak hadir mengikuti SKD. Dengan rincian, hari pertama sebanyak 30 orang, hari kedua 15 orang. Kemudian, hari ketiga 27 orang, hari keempat dan kelima masing-masing 30 orang, hari keenam 24 orang, hari ketujuh 48 orang dan hari kedelapan sebanyak 30 orang.

Sementara dua peserta SKD terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari kelima pelaksanaan SKD. BKD telah bersurat ke Panselnas untuk tes susulan dua peserta tersebut.

Sementara itu, kata Syamsul, nilai tertinggi peserta SKD CPNS Pemprov NTB saat ini sebesar 474. Peserta yang meraih nilai tertinggi untuk formasi pekerja sosial di Dinas Sosial NTB. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional