Nikmati Kesejukan Alam dan Kesegaran Mata Air Mencerit

NIKMATI KESEJUKAN-Menikmati kesejukan alam dan kesegaran air di kawasan wisata Mata Air Mencerit Desa Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Tampak, sejumlah pengunjung bersantai di lokasi wisata ini.  

Mata air Mencerit yang terletak di Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Tempatnya yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) membuat kawasan ini sangat sejuk.

Budiman, salah seorang pengunjung kepada Ekbis NTB mengaku kerap mendatangi obyek wisata yang satu ini. Warga Selong ini mengaku datang sekadar untuk bersantai menikmati kesejukan alam dan kesegaran mata air.

Iklan

Nama Mencerit sendiri berasal dari bahasa Sasak yang berarti muncrat. Konon dalam kisahnya dulu menurut pennuturan warga Pringgasela, air ini muncrat ke atas dengan ketinggian puluhan meter. Kini, mata air ini juga menjadi salah satu sumber air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lotim yang dialirkan ke rumah-rumah penduduk, termasuk untuk warga Kota Selong.

Selain bersantai dan mandi, warga sekitar dan pengunjung yang lainnya tidak sedikit juga yang datang untuk mencuci pakaian. Menurut pengakuan Fatimah, datang bersantai sekalian memanfaatnya untuk mencuci pakaian adalah aktivitas yang menyenangkan.

Aliran sungai dari mata air Mencerit ini ini kabarnya penah juga dijadikan spot arum jeram. Aliran sungainya yang deras membuat kawasan ini sangat cocok sebagai tempat yang menantang untuk melakukan wisata arum jeram.

Sayangnya tempat wisata yang ramai dikunjungi ini terlihat masih minim fasilitas. Tidak ada satu fasilitas umum yang memadai yang terbangun. Terlihat berjejeran hanyalah pipa-pipa besar dari sumber air. Budiman berharap, pemerintah bisa menata kawasan wisata mencerit ini menjadi tempat yang lebih baik. “Kalau ditata pasti akan lebih banyak lagi yang datang,” ujarnya. (rus)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional