New Zealand Ajari Sumbawa Risiko Pengurangan Bencana

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kerjasama Pemerintah New Zealand dengan Pemerintah Indoensia salah satunya di Kabupaten Sumbawa tentang  rencana aksi penguragan risiko bencana. Salah satunnya berupa workshop peningkatan kapasitas selama dua hari 18-19 Juli mendatang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa, Ir. Mukmin, Rabu 13 Juli 2016, tahap awal program kerjasama dimakud di Sumbawa berupa peningkatan kapasitas melalui workshop untuk merumuskan program aksi. Mengundnag sebanyak 35 peserta dari SKPD terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) terkait tata ruang. Kemudian Dinas Kesehatan, Diknas, Dinas Pertambangan, Bappeda dan lainnya.

Iklan

Kegiatan ini dimaksudkan adanya peningkatan kapasitas peserta. Tim dari Zew Zealand yang menggandeng akademisi UGM Yogyakarta akan menyampaikan materi cara menyusun rencana aksi yang bisa langsung sebagai kebijakan. Termasuk memberikan gambaran tata ruang kota yang baik dalam mengurangi risiko bencana.

Program kerjasama ini akan berlangsung sampai 2019 mendatang. Dengan program setiap tahunnya berbeda berbeda. Kalau tahun ini peningkatan kapasitas, bisa jadi di tahun berikutnya  program lain berupa finansial atau bentuk penyediaan barang. “Untuk tahun berikutnya kita belum tahu. Yang jelas program ini baru akan berkahir 2019 mendatang,”pungkas Mukmin. (arn)

  Pakaian ASN Sumbawa dari Bahan Tenun Diluncurkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here