Negatif Covid-19, 10 Warga Klaster Gowa Dipulangkan

M. Chandra Kusuma.(Suara NTB/ist)

Bima (Suara NTB) – Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bima memulangkan sebanyak 10 orang klaster Gowa yang menjalani karantina khusus di RSUD Sondosia pada Minggu, 3 Mei 2020.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma M.AP, mengatakan 10 orang itu dipulangkan lantaran dua kali pemeriksaan swab atau uji laboratorium menunjukkan hasil negatif.

“Dan sesuai protokol penanganan Covid -19, mereka sudah dapat dipulangkan dengan mengantongi surat keterangan sehat,” katanya.

Walau demikian lanjutnya, mereka masih melaksanakan pembatasan secara mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari. Kata Chandra 10 orang tersebut masih dalam pemantauan Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bima.

“Selama 14 hari berada di rumah, mereka tetap dipantau oleh petugas Tim Gugus Tugas,” ujarnya.

Chandra menyebutkan 10 orang yang dipulangkan tersebut masing-masing dua warga Kecamatan Bolo, tiga warga Kecamatan Lambu dan lima warga dari Kecamatan Sanggar. “10 orang ini merupakan warga Kabupaten Bima yang masuk klaster Gowa,” ujarnya.

Ia mengaku hingga saat ini masih ada sejumlah orang yang masih menjalani karantina khusus di RSUD Sondosia. Mereka yang kebanyakan klaster Gowa itu sebelumnya dites cepat (rapid test) dengam menunjukkan hasil reaktif positif.

“Karena reaktif ini makanya dikarantina khusus dan selanjutnya di lakukan swab. Kalau hasilnya negatif akan dipulangkan kalau positif akan di bawa ke RSUD Bima untuk diisolasi dan diberikan tindakan medis lebih lanjut,” katanya.

Chandra menambahkan, hingga kini jumlah pasien positif Covid-19 yang diisolasi di RSUD Bima ada sebanyak 15 orang. Masing-masing 9 warga Kecamatan Bolo, 3 warga Kecamatan Sanggar, 2 warga Kecamatan Soromandi dan 1 warga Kecamatan Lambu. “15 pasien ini juga kondisi kesehatannya cukup membaik. Tidak ada gejala apapun,” pungkasnya. (uki)