Narkoba Sasar Pelajar di Masa Libur Sekolah, Orang Tua Diminta Perketat Pengawasan

Ilustrasi Narkoba (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Para orang tua di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) diminta untuk lebih memperketat pengawasan kepada anak-anaknya. Terutama yang masih berstatus pelajar. Pasalnya, di masa libur sekolah dampak pandemi virus corona (Covid-19) seperti sekarang ini, kasus narkoba yang melibatkan kalangan pelajar cenderung meningkat. Terbukti dari beberapa kasus narkoba yang diungkap jajaran Polres Loteng selama sepekan terakhir, pelakunya banyak dari kalangan pelajar dan remaja.

“Dimohon kepada para orang tua yang memilik anak yang masih berstatus pelajar, supaya meningkatkan pengawasan kepada anaka-anaknya. Di mana situasi saat ini proses belajar mengajar tengah diliburkan,” pinta Kasat Resnarkoba Polres Loteng, Iptu Hizkia Siagian, STK.SIK., Jumat, 24 April 2020.

Iklan

Ia mengungkapkan, dalam sepekan terakhir pihaknya panen kasus narkoba dengan kasus terbanyak di Desa Beleka Kecamatan Praya Timur. Dari total sekitar 16 pelaku terduga terlibat penyalahgunaan maupun peredaran narkoba, sebagian besar di antaranya masih berstatus pelajar dan anak di bawah umur.

Untuk itu, menjadi kekhawatiran sendiri. Di tengah libur sekolah akibat pandemi virus Corona, para pelajar seharusnya tetap fokus belajar dan menyelesaikan tugas sekolah di rumahnya. Tetapi justru banyak yang malah terlibat kasus narkoba. “Gejala ini hendaknya menjadi perhatian serius para orang tua di daerah ini,” tandasnya.

Lebih lanjut Hizkia menambahkan, selain telah mengamankan para terduga penyalahgunaan narkoba dari kalangan pelajar, pihaknya sudah berhasil menangkap terduga bandar narkoba yang selama ini menyuplai narkoba kepada para pelajar tersebut pada Selasa, 22 April 2020. “Pelaku AM (41) warga Desa Persiapan Beleka Lebesane Kecamatan Praya Timur,” sebutnya.

Terduga bandar narkoba tersebut diamankan di rumahnya. Setelah polisi mengembangkan kasus penangkapan pengguna narkoba pada 16 April lalu. Di rumah terduga pelaku polisi mengamankan sejumlah paket narkoba jenis sabu-sabu siap edar dengan total berat sekitar 3,2 gram.

Terduga pelaku AM ditangkap saat sedang duduk di ruang tamu rumahnya. Dan, sudah sempat mengedarkan narkoba ke beberapa orang yang sebelumnya sudah diamankan pihak kepolisian. “Terduga pelaku dan barang bukti narkoba sudah kita amankan di Mapolres Loteng. Untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut,” tegas Hizkia. (kir)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional