Mutasi Pemkot Mataram Tak Banyak Kejutan, Sejumlah SKPD Masih Lowong

0

Mataram (suarantb.com) – Ratusan pejabat lingkup Pemkot Mataram dimutasi, dikukuhkan, dan dilantik pada Jumat, 30 Desember 2016. Prosesi mutasi ini berlangsung sejak sekitar pukul 14.30-18.30 WITA, bertempat di halaman Kantor Walikota Mataram. Tak banyak kejutan dalam mutasi kali ini, sejumlah pejabat Eselon II masih menempati instansi yang sama, hanya berbeda pada perubahan nama mengikuti format OPD baru. Termasuk juga posisi camat. Enam kecamatan yaitu Selaparang, Ampenan, Sekarbela, Mataram, Cakranegara, dan Sandubaya masih dipimpin orang yang sama.

Pejabat Eselon II yang dimutasi berjumlah 27 orang. Pejabat yang tetap menempati posisi semula yaitu Asisten II Wartan, Asisten II Hj. Baiq Evi Ganevia, Kasatpol PP Chaerul Anwar, Sekretaris DPRD Kota Mataram Lalu Arya Darma, Kepala Dinas Kesehatan H. Usman Hadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil H. Ridwan, Kepala Bakesbangpol Rudi Suryawan, dan Direktur RSUD Kota Mataram H. Lalu Herman Mahaputra.

IKLAN

Beberapa pejabat juga masih memimpin bidang yang sama hanya instansinya berganti nama disesuaikan dengan OPD baru seperti Dinas PU menjadi Dinas PU dan Penataan Ruang kini masih dijabat H. Mahmuddin Tura, H. Mutawalli yang sebelumnya memimpin Dinas PKP (Pertanian, Kelautan, dan Perikanan) kini memimpin Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan kembali dipimpin H. Sudenom yang sebelumnya bernama Dinas Dikpora (Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga), Dinas Perhubungan tetap dipimpin H. Khalid, Dinas Pariwisata masih dipimpin H. Abdul Latif Nadjib, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dipimpin Cokorda Sudira Muliarsa yang semula masih menjadi Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu. Selanjutnya Badan Keuangan Daerah dipimpin H. M. Syakirin Hukmi yang sebelumnya Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Perumahan dan Permukiman dipimpin H. M. Kemal Islam yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertamanan. Sutrisno kini memimpin Dinas Pengendalian Penduduk dan KB yang sebelumnya masih menjadi BP2KB.

Pejabat yang digeser yaitu Kepala Bappeda Lalu Martawang menjadi Asisten I, Asisten I Lalu Indra Bangsawan menjadi Kepala Dinas Sosial, Kepala BPKAD Yance Hendra Dirra digeser jadi Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM, Kepala BLH M. Saleh digeser menjadi Staf Ahli Bidang Hukum dan Pembangunan, Kepala BKD Hj. Dewi Mardiana Ariani kini menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Mantan Kepala Dinas Takowasbang (Tata Kota dan Pengawasan Bangunan) H. Lalu Junaidi kini dipercaya memimpin Dinas Kominfo. H. M. Syaiful Mukmin yang sebelumnya menjabat Kepala BPM kini menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja, mantan Staf Ahli Siti Miftahayatun kini menjabat Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Hj. Tasnim Sastiani dipercaya memimpin Dinas Ketahanan Pangan yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K).

Selain itu ada delapan SKPD yang masih lowong yaitu Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda, Dinas Pemuda dan Olahrga, Dinas Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah, dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Sekda Kota Mataram, H. Effendi Eko Saswito mengatakan SKPD lowong ini rencananya akan diisi tahun depan dan melalui Pansel. Pansel akan mulai bekerja awal Januari 2017. (ynt)