Mutasi Pejabat Dijadwalkan Pekan Depan

H. Effendi Eko Saswito. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram telah menerima rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP). Mutasi pejabat dijadwalkan digelar pekan depan.

Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang juga Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 1 Oktober 2021 membenarkan telah menerima rekomendasi hasil seleksi JPTP dari KASN. Rekomendasi itu akan disampaikan ke pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk selanjutnya memilih satu dari tiga nama yang diusulkan. “Kalau pelantikan tergantung Pak Wali. Baperjakat menunggu perintah saja,” kata Eko.

Iklan

Setelah menerima rekomendasi, Pemkot Mataram memiliki waktu selama lima hari untuk melakukan pelantikan. Sekda mengatakan, rekomendasi akan segera dilaporkan. Kemudian tergantung kesiapan waktu PPK untuk melantik. Di satu sisi, Baperjakat juga perlu menyiapkan pergantian berkaitan beberapa pejabat yang bakal dipromosikan.

Promosi pejabat bisa dari eselon IV atau sekadar pergeseran, tergantung dari kebutuhan. Kemungkinan pelantikan akan dijadwalkan pekan depan. “Otomatis yang dipromosikan itu jabatannya akan kosong. Nah, itu yang akan kita isi dari promosi,” tambahnya.

Eko menambahkan, pelantikan pejabat hasil seleksi JPTP kembali akan dilaporkan ke KASN sebagai bentuk pemberitahuan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati juga membenarkan bahwa rekomendasi KASN telah diterima melalui pesat elektronik. Tetapi ada kesalahan penomoran, sehingga perlu dikoordinasikan kembalik ke KASN. “Coba kita komunikasikan dulu via telepone, karena ada sedikit kesalahan penomoran,” tambahnya.

Untuk pelantikan tergantung dari kesediaan waktu dari kepala daerah. Tetapi prinsipnya kata Nelly, lebih cepat lebih baik. Karena, lima hari pasca menerima rekomendasi harus sudah melantik pejabat hasil seleksi JPTP. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional