Mutasi Awal Tahun, Dikpora Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah

Mataram (suarantb.com) – Mutasi Kepala SD dan SMP di Kota Mataram direncanakan terlaksana di awal 2017 mendatang. Mutasi dilaksanakan karena banyak kepala sekolah yang akan pensiun per 31 Desember 2016 dan juga untuk mengisi kekosongan jabatan kepala sekolah yang sudah pensiun sebelumnya. Sebelum mutasi dilaksanakan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram mengevaluasi kinerja semua kepala sekolah.

Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram, H. Sudenom menyampaikan, kepala sekolah yang dinilai tidak mampu melaksanakan tugasnya, serta tidak kreatif dan inovatif dalam meningkatkan prestasi sekolahnya, tidak menutup kemungkinan akan diturunkan jabatannya. Ia mengatakan pihaknya perlu lebih serius melakukan penilaian secara terus menerus kepada semua kepala sekolah yang ada di Kota Mataram.

Iklan

Sudenom mengatakan pihaknya juga rutin mengadakan pertemuan dengan semua kepala sekolah melalui Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Selain itu, pemantauan juga dilakukan dengan berkunjung ke sekolah-sekolah.

“Setiap Sabtu, saya tidak libur. Keliling ke sekolah-sekolah, atau kita kumpulkan kepala sekolah melalui K3S dan MKKS itu,” ujarnya.

Melalui kegiatan musyawarah bersama kepala sekolah, ia menilai kompetensi para kepala sekolah. Menurut Sudenom, dalam kegiatan diskusi dan musyawarah, kecakapan kepala sekolah dapat terlihat. “Dari sana kita dapat menilai. Misalnya ada musyawarah antar kepala sekolah, kita bisa melihat apa ide mereka. Kalau hanya duduk diam tanpa ada ide, itu artinya tidak kreatif, tidak inovatif,” paparnya.

Menurutnya seorang kepala sekolah harus mampu berpikir kreatif dan bekerja keras tanpa menunggu perintah atasan. Ia harus mempu membuat inovasi untuk memajukan sekolah yang ditanganinya. Sudenom mengaku sudah memiliki catatan-catatan kinerja kepala sekolah yang berada di bawah wewenangnya. Sembari menunggu turunnya SK pensiun kepala sekolah pada Desember 2016 ini, mutasi kepala sekolah segera disiapkan untuk dilaksanakan pada awal tahun mendatang. (rdi)

  81 Pejabat Dimutasi, Wabup KLU Tak Hadiri Pelantikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here