Musuh Tidak Terlihat

Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Suara NTB/ist)

PADA peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Provinsi NTB, Wakil Gubernur (Wagub)NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, mengajak masyarakat NTB untuk terus berjuang, berinovasi dan mengukir prestasi di segala bidang di tengah pandemi Covid-19.

‘’Meski hidup sedang sulit, namun itu tidak boleh menjadi alasan untuk kalah dan berhenti berjuang,’’ ujar Wagub saat menyampaikan sambutan pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Provinsi NTB, Selasa (17/8) di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB.

Iklan

Pemerintah dari tingkat pusat, hingga ke daerah, sudah melakukan langkah-langkah yang membuat pandemi ini semakin bersahabat dan tidak semakin membuat kita terpuruk. Pendekatan kesehatan yang diimbangi dengan pendekatan ekonomi yang diambil pemerintah dalam kebijakan penanggulangan pandemi, terbukti mampu mempertahankan dan mendorong perputaran roda ekonomi dengan baik.

‘’Tentu berbagai kebijakan serba darurat yang ditempuh pemerintah tidak dapat memuaskan semua pihak secara sekaligus. Namun memang diperlukan kebesaran hati untuk memikirkan kebutuhan yang lebih besar, yaitu untuk kepentingan bangsa,’’ ujar Wagub.

Hal yang sama pernah diteladani oleh para pejuang bangsa, ketika mengesampingkan kepentingan-kepentingan kecil dan primordial mereka. Sehingga mereka mampu menggalang semangat persatuan dan kesatuan sebagai kekuatan untuk melawan penjajah.
Wagub juga menyampaikan bahwa HUT RI tahun 2021, masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang setahun lebih melanda dunia. Kini, kemerdekaan kembali diuji, dengan musuh yang tidak terlihat yaitu Covid-19.
‘’Kita tidak lagi berperang mengangkat senjata seperti yang para pahlawan lakukan tempo dulu,’’ ujarnya.

Akibat wabah pandemi, membawa dampak pada semua lini kehidupan. Baik kesehatan, ekonomi, pendidikan dan dampak lainnya. Namun hal ini yang mampu mendorong masyarakat untuk terus beradaptasi, berinovasi dan bekerja keras.

‘’Sehingga para pakar akhirnya menemukan vaksin, serta merekomendasikan penerapan protokol kesehatan, sebagai solusi yang terbukti mujarab untuk menghadapi wabah ini,’’ tegasnya.

Meski demikian, hadirnya ancaman baru berupa varian- varian dari virus Corona, harus menjadi alarm agar lebih berhati-hati dan mawas diri. Sembari tetap disiplin dalam menerapkan aturan protokol kesehatan yang berlaku, demi keselamatan semuanya.

‘’Walaupun kita tengah menghadapi kondisi yang cukup sulit ini, kita tetap selalu bersyukur bahwa dalam perjalanan satu tahun lebih kita menghadapi pandemi Covid-19 ini, negara kita masih menunjukan ketahanan, baik secara ekonomi maupun sosial,’’ jelasnya

Pada peringatan Detik-detik Proklamasi kemarin, Wagub sebagai Inspektur Upacara mengenakan kebaya warna merah dipadupadan dengan tenun tradisional khas Lombok. Wagub didampingi Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah yang mengenakan pakaian adat Samawa.

Hadir juga Kapolda NTB Irjen. Pol.M. Iqbal, Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dan sejumlah pejabat. Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Provinsi NTB diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain mengenakan masker dan menjaga jarak, para peserta atau perangkat upacara jumlahnya terbatas. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional