Munas Lancar, Sigit K. Yunianto Ketua Umum ADEKSI, Didi Sumardi Sekjen

H. Didi Sumardi, SH , Sigit Karyawan Yuniato, SH., M.AP. (Suara NTB/ist) 

Mataram (Suara NTB) – Munas V ADEKSI (Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia) di Mataram, Rabu, 11 Maret 2020 berjalan lancar. Munas yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin dihadiri oleh GubernurNTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc, Walikota Mataram. H. Ahyar Abduh dan 1.130 peserta. Selain membedah RUU Omnibus Law, Munas V ADEKSI juga berhasil memilih pengurus ADEKSI periode 2020 – 2025.

Terpilih sebagai Ketua Umum ADEKSI, Sigit Karyawan Yuniato, SH., M.AP (Ketua DPRD Kota Palangkaraya). Sekretaris Jenderal ADEKSI, H. Didi Sumardi, SH (Ketua DPRD Kota Mataram). Bendahara Umum, Hj. Balqis Diab, S.Ag, SE, MM. Wakil Ketua Umum, Ir. H. Achmad Zulkarnain, MT, dan Wakil Bendahara Umum Elly Toisutta, S.Sos. Pemilihan pengurus ADEKSI periode 2020 – 2025 berlangsung dengan musyawarah mufakat.

Iklan

Sebelum pemilihan, Ketua umum ADEKSI (2015 – 2020),  Ir. H. Armuji, MH., dalam laporannya menyampaikan, Munas V Adeksi 2020 ini dihadiri oleh sekitar 1.130 peserta dari 93 kota Se Indonesia. Jumlah ini merupakan pencapaian terbesar sepanjang pelaksanaan ADEKSI. ADEKSI sendiri berdiri tahun 1991. ADEKSI merupakan wadah menjalankan amanah sekaligus menjadi simpul meningkatkan kapasitas anggota.

Munas merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi. Selain menetapkan kepengurusan yang baru, Munas V ADEKSI juga akan menyusun program kerja 2020 – 2025. Armuji menyebutkan, bahwa Indonesia hiper regulasi. Setidaknya ada 8.450 peraturan pemerintah dan 15.195 perda. Tidak sedikit yang tumpang tindih. Hadirnya RUU Omnibus Law, sambung Armuji dikhawatirkan akan memangkas ratusan peraturan di daerah.

‘’Omnibus law sudah dibahas secara terbuka dengan beragam sambutan. Oleh karena itu saya sampaikan, perjuangan ADEKSI masih panjang,’’ ungkapnya. Salah satunya adalah terkait Perpres nomor 33 tahun 2020 tentang standar harga satuan regional. ‘’Menyikapi ini, ADEKSI harus melakukan langkah koordinasi,’’ pintanya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dalam sambutan singkatnya mengapresiasi DPRD  Kota Mataram yang sudah gigih mempersiapkan Munas V ADEKSI  di Kota Mataram. Gubernur menyampaikan terimakasih karena ADEKSI telah memilih NTB sebagai lokasi Munas. Pada kesempatan itu, orang nomor satu di NTB ini mengundang peserta Munas V ADEKSI menikmati keindahan Lombok serta membawa oleh-oleh khas dari NTB.

‘’Kalau pemimpin politik berkumpul membicarakan yang berat-berat, suguhkan mereka pemandangan, pantai, laut, pasti cepat beres. Makanya jangan berlama-lama di dalam ruangan, mari menikmati keindahan Lombok. Kita ada KEK Mandalika, kita ada tiga gili,’’ sebutnya.

Sementara itu, Wakil Presiden juga mengapresiasi kegiatan ADEKSI yang dirangkai dengan seminar nasional yang mengangkat tema Omnibus Law. ‘’Ini merupakan komitmen kuat ADEKSI sebagai penyelenggara pemerintahan di daerah. Wapres membenarkan data yang disebutkan Ketua ADEKSi (2015 – 2020) terkait jumlah regulasi  di Indonesia.

‘’Kita memang obesitas regulasi di Indonesia. Tapi tidak benar Omnibus Law ini akan mengikis otonomi daerah,’’ tegasnya. (fit/*)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional